Renungan Harian: Jumat, 19 Mei 2023 - Mereka Tanggung Jawab Kita

Renungan Harian: Jumat, 19 Mei 2023 - Mereka Tanggung Jawab Kita

Jumat, 19 Mei 2023

Mereka Tanggung Jawab Kita

Bacaan Alkitab : Lukas 14:12-14

Dua hari yang lalu, setelah selesai bertugas di daerah Salemba, panas matahari yang menyengat membuatku memutuskan untuk berteduh sejenak di sebuah mini market. Tidak lama kemudian, seorang anak menghampiri aku dengan wajah memelas, lalu menyodorkan tangan untuk meminta sedikit uang. Karena tidak ada uang kecil, aku pun mengajak anak itu untuk makan bersama. Kami mengobrol sembari ia melahap tiap suap nasi dengan semangat.

Anak itu bernama Putra, usia 8 tahun dan sudah putus sekolah. Ia tinggal bersama neneknya di emperan pasar di daerah Senen. Ibunya meninggal karena sakit jantung, sedang ayahnya tidak tinggal bersamanya. Putra dan nenek biasanya mengemis untuk bertahan hidup. Bertemu dengan Putra membuatku teringat pada banyaknya anak di Jakarta dengan nasib yang sama. Saat mereka seharusnya pergi ke sekolah untuk belajar, keadaan membuat mereka harus mencari uang sejak dini demi sesuap nasi. Sementara di mall-mall, banyak orang rela mengantri berjam-jam hanya untuk mencoba makanan yang sedang trending, atau berburu promo. Padahal, di luar sana masih banyak orang di jalanan yang tidak memiliki tempat tinggal dan setiap hari berjuang untuk mencari makan.

Fenomena kemiskinan sudah ada sejak dahulu. Yesus pun memperhatikan orang miskin, orang cacat, orang lumpuh dan orang buta. “Dan engkau akan berbahagia, karena mereka tidak mempunyai apa-apa untuk membalasnya kepadamu”(Luk. 14:13). Tuhan memberikan kecukupan kepada kita bukan untuk menghakimi mereka yang kekurangan, tetapi memberi kesempatan bagi kita menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk membantu yang kekurangan.


Membagi berkat untuk mereka yang kekurangan
tidak akan mengurangi Kecukupan yang dipercayakan Tuhan kepada kita

0 Komentar