KB Kristen Kalam Kudus Adakan Berbagai Kegiatan Peringati Hardiknas 2023

KB Kristen Kalam Kudus Adakan Berbagai Kegiatan Peringati Hardiknas 2023

Hari Pendidikan Nasional atau sering disingkat Hardiknas diperingati setiap tanggal 2 Mei. Peringatan Hardiknas tidak lepas dari tokoh pendidikan nasional, yaitu Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Pakualaman, Yogyakarta. Menteri Pengajaran pertama Republik Indonesia ini mewariskan berbagai hal di dunia pendidikan.

Salah satu warisannya yang terkenal adalah semboyan yang berbunyi "Ing ngarsa sung tulodho, ing madya mbangun karsa, tut wuri handayani", yang artinya "Di depan harus memberi contoh yang baik, di tengah-tengah harus menciptakan ide dan prakarsa, di belakang harus bisa memberi dorongan dan arahan. Semboyan ini sampai sekarang masih digunakan dalam sistem pendidikan di Tanah Air. Bahkan kata "Tut wuri handayani" dituliskan di dalam logo Kemendikbud saat ini.

Atas jasa dan perjuangannya dalam dunia pendidikan, hari lahir Ki Hajar Dewantara sekarang diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional.

KB Kristen Kalam Kudus Surakarta mengadakan beberapa kegiatan dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional 2023.

Kegiatan pertama adalah upacara bendera. KB Kristen Kalam Kudus Surakarta sejak dini mengajarkan siswa-siswinya untuk mengenal persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta melatih kedisiplinan.

Kegiatan kedua adalah mewarnai gambar. Siswa KB Kristen Kalam Kudus Surakarta diajak untuk mewarnai gambar rumah yang di dalamnya terdapat tulisan "Selamat Hari Pendidikan Nasional"

Selamat Hari Pendidikan Nasional - 2 Mei 2023, Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.

0 Komentar