Renungan Harian: Selasa, 18 April 2023 - Belas Kasih Allah

Renungan Harian: Selasa, 18 April 2023 - Belas Kasih Allah

Selasa, 18 April 2023

Belas Kasih Allah

Bacaan Alkitab: Yesaya 16:1-5

Ketika kebakaran hutan melanda ngarai-ngarai yang indah di dekat Colorado Springs, lautan api telah menghancurkan lingkungan hidup dari beragam jenis binatang liar dan juga ratusan rumah. Orang-orang di seluruh negeri berseru kepada Allah, memohon kepada-Nya supaya mengirimkan hujan untuk memadamkan api, mengakhiri kerusakan, dan memberi kelegaan kepada para pemadam kebakaran. Ada orang yang dalam doanya mencantumkan suatu persyaratan menarik. Mereka memohon agar Allah menunjukkan belas kasihan-Nya dan mengirim hujan tanpa petir, karena khawatir petir justru akan memicu kebakaran lebih besar.

Hal ini mengingatkan saya tentang hidup kita yang berada di antara hal-hal yang dapat menolong sekaligus membunuh kita. Kita menggunakan api untuk memasak dan menghangatkan tubuh kita, tetapi api juga dapat memusnahkan kita. Kita menggunakan air untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi dan mendinginkan planet kita, tetapi air juga dapat menenggelamkan kita. Terlalu banyak ataupun terlalu sedikit dari salah satunya dapat membahayakan hidup.

Kita melihat prinsip yang sama berlaku dalam hal rohani. Supaya dapat berkembang, peradaban manusia membutuhkan nilai-nilai belas kasihan dan keadilan yang kelihatannya bertentangan (Zak. 7:9). Yesus menegur orang-orang Farisi karena memegang hukum Taurat dengan ketat, tetapi melalaikan hal-hal “yang terpenting” (Mat. 23:23). Di satu sisi kita mau menunjukkan belas kasihan, tetapi di sisi lain kita menuntut keadilan. Diantara keduanya, hanya Yesus yang mampu menerapkan keseimbangan keduanya dengan sempurna (Yes. 16:5; 42:1-4). Ya Tuhan berikan hikmat yang kami dibutuhkan dalam situasi-situasi yang kuhadapi.


Keadilan dan belas kasihan Allah sama-sama tergenapi di atas kayu salib

0 Komentar