Renungan Harian: Selasa, 11 April 2023 - Mengejar Keadilan

Renungan Harian: Selasa, 11 April 2023 - Mengejar Keadilan

Selasa, 11 April 2023

Mengejar Keadilan

Bacaan Alkitab: 1 Timotius 6:6-11

Beberapa tahun lalu di suatu malam, saya dan istri sedang berjalan menyusuri jalan setapak di pegunungan bersama dua orang teman. Jalan setapak yang sempit itu mengitari sebuah lereng dengan jurang di satu sisi dan tebing yang tidak dapat didaki di sisi lain.

Ketika kami tiba di suatu tikungan, saya melihat seekor beruang besar sedang berjalan santai dengan kepala terayun-ayun dan napas yang terengah-engah. Kami sedang berjalan searah dengan tiupan angin, dan beruang itu belum mengetahui keberadaan kami, tetapi rasanya tidak lama lagi ia akan sadar.

Teman kami buru-buru merogoh saku jaketnya untuk mencari kamera. “Ah, aku harus memotretnya!” katanya. Saya yang mengkhawatirkan keselamatan kami segera menyergahnya, “Jangan, kita harus segera pergi dari sini.” Kami pun berjalan mundur perlahan-lahan sampai kami tidak mungkin lagi terlihat oleh beruang itu dan lari secepat-cepatnya.

Itu pula yang harus kita lakukan terhadap bahayanya hasrat untuk menjadi kaya. Tidak ada yang salah dengan uang, karena itu hanyalah suatu alat tukar. Akan tetapi banyak yang “terjatuh ke dalam pencobaan, dan terjerat ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan,” tulis Paulus (1Tim. 6:9). Keinginan menjadi kaya, hanya akan memancing orang untuk meraup lebih banyak lagi harta dan mengabaikan yang lebih penting atau yang lebih bernilai dalam hidup ini. Kita perlu mengejar “keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan” (ay.11). Semakin kita mengejar sifat-sifat tersebut dan Allah membentuknya hidup kita, semakin dewasa dan bertumbuh serupa Kristus.


Ya Allah, aku ingin bertumbuh semakin menyerupai Kristus. Tolonglah aku rela menerima apa saja yang sedang Engkau ajarkan kepadaku

0 Komentar