Siswa SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo Ikuti Kegiatan Live In di WCS Rumah Revolusi Mental

Siswa SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo Ikuti Kegiatan Live In di WCS Rumah Revolusi Mental

Live in adalah sebuah kegiatan pembelajaran untuk mengenal sebuah lingkungan penduduk, dengan mengikuti semua kegiatan mereka baik kegiatan di rumah maupun saat bekerja di luar. Kegiatan live in mengajarkan untuk hidup dalam kesederhanaan, berlaku ramah dan bertutur kata sopan, bekerja keras, serta berbagi dengan sesama.

Kegiatan live in mempunyai berbagai manfaat, antara lain: meningkatkan kepekaan sosial, pembentukan karakter, pembelajaran atau pendidikan multikulturalisme, melatih kemandirian, kebersamaan, meningkatkan rasa persaudaraan dengan sesama, belajar bekerjasama, selain itu untuk menumbuhkan sikap toleransi dan belajar beradaptasi dengan lingkungan yang benar-benar baru.

Pada umumnya, kegiatan live in diadakan di pedesaan dengan asumsi bahwa masyarakat pedesaan masih berpegang teguh pada budaya dan adat istiadat. Selain itu, pedesaan memiliki keindahan alam dan lingkungan yang masih terjaga asri. Biasanya peserta kegiatan live in ini adalah siswa, mahasiswa, atau kelompok masyarakat tertentu yang jarang bahkan tidak pernah mengenal kehidupan di pedesaan dengan harapan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman peserta yang nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo mengadakan kegiatan Live in pada tanggal 21 Februari 2023 di WCS Rumah Revolusi Mental, Kec. Mojogedang, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan live in diikuti oleh siswa-siswi kelas XII. SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo sengaja mengadakan kegiatan live in ini untuk mengajarkan siswanya untuk mengasihi dan berbagi kepada sesama dengan berlaku ramah, bertutur kata sopan, bekerja keras, serta membantu sesama.

Berbagai aktivitas dan kegiatan pada kegiatan ini, antara lain:
  • Pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis
  • Bakti sosial
  • Mengajarkan cara sikat gigi yang baik di PAUD
  • Outbound
  • Baris berbaris
  • Kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar

Selama kegiatan live in ini berlangsung, siswa SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo mendapatkan banyak pengalaman yang berharga. Mereka bisa mengenal berbagai kegiatan baik kegiatan bakti sosial maupun saat berbincang dengan penduduk setempat dan merasakan suasana kekeluargaan yang begitu kental di lingkungan Dusun Sumber Bulu, Desa Pendem.

Selain itu, mereka juga belajar mengasihi dan berbagi kepada sesama dengan hidup dalam kesederhanaan, berlaku ramah dan sopan, sikap hidup jujur, gotong royong, bekerja keras, bertanggung jawab, tolong menolong, peduli dengan lingkungan, bekerja sama, sikap hidup mandiri, serta saling menghormati dan menghargai.

0 Komentar