Renungan Harian: Kamis, 30 Maret 2023 - Keberanian Dalam Kasih Karunia

Renungan Harian: Kamis, 30 Maret 2023 - Keberanian Dalam Kasih Karunia

Kamis, 30 Maret 2023

Keberanian Dalam Kasih Karunia

Bacaan Alkitab: Roma 8:26-31

Buku sangat popular berjudul Choose Your Own Adventure, telah terjual 250 juta buku lebih. Pada umumnya para penulis buku menyampaikan ide dan mengarahkan pembacanya untuk mengikuti saran yang disampaikan si penulis. Namun buku ini mengisahkan tentang berbagai peristiwa yang memberikan kebebasan kepada pembacanya untuk menentukan sendiri akhir ceritanya. Tidak ada kesulitan, hidup menjadi lebih mudah, kita dapat menghindari kesulitan dan merangkai keindahan dalam hidup yang kita inginkan. Kenyataan justru berbanding terbalik. Kesehatan menurun, pernikahan berantakan, mengalami kesulitan, kehilangan pekerjaan dan kesempatan berharga, kecewa dan sebagainya.

Paulus mengajarkan bahwa di dalam kasih karunia, kita mengenal Allah, Pribadi yang mampu mengarahkan hidup kita. “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Hal ini dituliskan oleh Paulus dengan menyadari bahwa kesulitan memang ada, bahkan penindasan dan kesesakan, kelaparan, ketelanjangan, bahaya dan pedang, semua pernah dialami oleh Paulus. Namun semua itu tidak dapat memisahkan dia dari kasih Tuhan.

Tidak peduli betapa berat keadaan yang harus Paulus jalani, namun ia yakin semua itu dia jalani untuk mendatangkan kebaikan, bagi orang yang mengasihi Allah. Keyakinan yang tidak akan tergoyahkan. Keyakinan Paulus sebagai orang yang pernah mencicipi karya penebusan Kristus, sebagaimana ia hidup di dalam kasih karunia Allah.


Kasih karunia Allah memberikan keberanian kepada orang percaya untuk melewati badai persoalan kehidupan dengan kekuatan dari Tuhan.

0 Komentar