Renungan Harian: Kamis, 16 Maret 2023 - Bertahan Dalam Penderitaan Demi Injil

Renungan Harian: Kamis, 16 Maret 2023 - Bertahan Dalam Penderitaan Demi Injil

Kamis, 16 Maret 2023

Bertahan Dalam Penderitaan Demi Injil

Bacaan Alkitab: Filipi 2:29-30

Selama menjalani pelatihan dasar ketentaraan, Desmond Doss membuat jengkel instruktur dan tentara-tentara sejawatnya. Doss yang cinta damai ini menolak untuk membawa senjata dalam kancah peperangan. Hal ini membuat rekan-rekannya meragukan keberanian Doss. Sebagai tenaga medis yang terlatih, pemuda Kristen ini tidak mempermasalahkan peperangan yang dihadapinya. Namun tujuan pribadinya adalah menyelamatkan nyawa dan bukan membunuhnya.

Keraguan terhadap Doss pun sirna ketika unit militernya terlibat dalam peperangan. Selama Pertempuran Okinawa dalam Perang Dunia II, Doss merayap di bawah hujan peluru dari senapan mesin untuk mengamankan para tentara yang terluka. Ia berdoa, “Tuhan, beri aku kekuatan untuk menyelamatkan satu demi satu tentara yang terluka.” Akhirnya Doss berhasil membawa lebih dari 70 tentara yang terluka untuk menuruni bukit supaya mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. Untuk usahanya itu, Desmond Doss dianugerahi penghargaan tertinggi yang dapat diberikan negaranya, yakni Medali Kehormatan.

Kitab Suci menuliskan, “Hormatilah orang-orang seperti dia. Sebab oleh karena pekerjaan Kristus ia nyaris mati dan ia mempertaruhkan jiwanya” (Filipi 2:29-30). Inilah pengakuan Paulus tentang Epafroditus. Dia adalah seorang Kristen yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk menolong orang lain. Epafroditus merupakan rekan seperjuangan Paulus yang diutus oleh jemaat di Filipi, untuk menolong Paulus ketika di penjara, Roma. Dan masih banyak orang percaya lainya yang mempertaruhkan nyawanya demi Sang Juruselamat. Mereka membutuhkan dukungan kita, karena dalam memberitakan Injil, ada beragam keadaan, tekanan dan penderitaan yang mengancam nyawa mereka. Kiranya kesetiaan Tuhan menolong mereka dalam menghadapi bahaya demi pemberitaan Injil.


Keberanian berarti tetap bertahan walaupun tak punya kekuatan lagi.

0 Komentar