Renungan Harian: Sabtu, 7 Januari 2023 - Tindakan Heroik

Renungan Harian: Sabtu, 7 Januari 2023 - Tindakan Heroik

Sabtu, 7 Januari 2023

Tindakan Heroik

Bacaan Alkitab: Lukas 5:1-19

Tindakan heroik yang mengharukan. Inilah yang ditunjukkan oleh beberapa orang sahabat dari seorang lumpuh yang ingin membawanya kepada Yesus agar disembuhkan. Ketika mereka tiba di sebuah rumah di Kapenaum dimana Yesus sedang berada, ternyata ada begitu banyak orang berkerumun, sehingga mereka tidak punya cukup ruang untuk membawa teman mereka yang lumpuh itu masuk. Apa yang mereka buat selanjutnya? Melihat situasi tidak memungkinkan, mereka pun melakukan sesuatu yang sulit untuk diterima akal sehat. Bayangkan, mereka membawa teman mereka yang lumpuh untuk naik ke atas atap, kemudian membuka atap itu dan secara perlahan menurunkan sahabat mereka yang lumpuh itu tepat di depan Yesus (Luk. 5:19). Ini sebuah hal yang sangat sulit untuk dilakukan, namun begitu besar mereka mengasihi sahabat mereka yang lumpuh sehingga mereka rela untuk bersusah-susah melakukannya.

Tidak ada manusia yang sanggup hidup sendirian selamanya. Kita memang diciptakan sebagai mahluk sosial yang hidup dengan berinteraksi dengan sekitar kita. Selengkap dan semewah apapun manusia, semua itu tidaklah berguna apabila hidup sendirian. Namun adanya kesepakatan dan keakraban dengan sesama manusia lainnya, itu akan membawa manfaat yang jauh lebih besar daripada kelengkapan harta atau material. Sudahkah kita peduli pada saudara-saudara kita yang mungkin sedang melemah baik fisik maupun rohaninya?

Sesuai dengan hakekat manusia sebagai mahluk sosial, demikianlah kita diciptakan Tuhan, hendaklah kita peka terhadap keadaan sesama manusia setidaknya yang berada di sekitar kita. Bantulah mereka jika butuh, karena dengan itulah kita memenuhi hukum Kristus.


Kerja sama yang melibatkan Tuhan pasti membawa hasil positif

0 Komentar