Renungan Harian: Sabtu, 21 Januari 2023 - Kuasa Berjalan Bersama-Sama

Renungan Harian: Sabtu, 21 Januari 2023 - Kuasa Berjalan Bersama-Sama

Sabtu, 21 Januari 2023

Kuasa Berjalan Bersama-Sama

Bacaan Alkitab: Amos 3:1-8

Perikop ini dibuka dengan seruan nabi Amos kepada bangsa Israel atas ketidaksetiaan mereka kepada Tuhan. Namun satu hal yang menarik adalah cara Tuhan memeringatkan mereka, yaitu dengan menceritakan kasih sayang Tuhan yang sudah menebus dan membawa mereka keluar dari tanah Mesir menuju tanah Perjanjian. Di situ Tuhan bukan hanya menekankan tentang hal penebusannya saja, namun juga tentang tuntunan Tuhan atas bangsa Israel sepanjang perjalanan menuju ke tanah Perjanjian (Ay. 1).

Telah kita ketahui bahwa ada begitu banyak peristiwa yang terjadi di sepanjang empat puluh tahun perjalanan bangsa Israel tersebut. Penyesalan umat Israel ketika sebetulnya sedang dibawa Tuhan ke tempat yang lebih baik, pemberontakan ketika meragukan kepemimpinan yang ditetapkan Tuhan, bersungut-sungut ketika mengalami keadaan yang tidak baik, dan berbagai peristiwa lainnya. Namun, hanya mereka yang mau sepakat berjalan bersama-sama dalam pimpinan Tuhanlah yang akhirnya masuk ke tanah Perjanjian.

Dalam seruan-Nya ini, Tuhan memberikan perhatian khusus kepada Israel dan mengakui mereka sebagai milik-Nya yang istimewa di antara semua suku bangsa lain di muka bumi. Hal ini terlihat dari penggunaan kata “kenal” (ay. 2). Kata Yada dalam bahasa Ibrani ini dipakai untuk pertama kalinya dalam kitab Kejadian ketika kedekatan Allah dengan Abraham. Sungguh suatu hubungan yang istimewa! Mari jemaat Tuhan, makna berjalan bersama-sama bukan artinya sekedar melangkah maju atau berjalan bergerombol, namun suatu kerendahan hati untuk bersedia berjalan bersama ke tujuan yang Tuhan kehendaki. Bersyukur untuk tuntunan yang Tuhan berikan hari lepas hari.


Diperlukan suatu hubungan yang dibangun secara sengaja, bermutu, dan intensif dengan Allah sehingga kita menyatu dengan kehendak-Nya.

0 Komentar