Renungan Harian: Jumat, 3 Februari 2023 Hikmat Yang Kita Butuhkan

Renungan Harian: Jumat, 3 Februari 2023  Hikmat Yang Kita Butuhkan

Jumat, 3 Februari 2023

Hikmat Yang Kita Butuhkan

Bacaan Alkitab: Amsal 1:1-9

Ellen membuka kotak posnya dan menemukan sebuah amplop tebal yang dikirim oleh teman baiknya. Baru beberapa hari sebelumnya, ia menceritakan pergumulan yang dialaminya dengan teman itu. Karena penasaran, ia membuka bungkusan tersebut dan menemukan seuntai kalung manik-manik aneka warna dari tali rami sederhana. Pada tali itu terpasang sehelai kartu yang mencantumkan slogan, “Katakan dengan Sandi Morse,” dan pesan bijak yang tersembunyi dalam manik-manik kalung itu, yang berbunyi, “Carilah Kehendak Allah.” Ellen tersenyum sembari mengenakan kalung itu di lehernya.

Kitab Amsal adalah kumpulan ungkapan bijak—banyak di antaranya ditulis oleh Salomo, pribadi yang diakui sebagai orang paling bijaksana pada masanya (1Raj. 10:23). Ketiga puluh satu pasalnya mengundang pembaca untuk mendengarkan hikmat dan menjauhi kebodohan, dimulai dengan pesan inti dari Amsal 1:7, “Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan.” Hikmat, yaitu mengetahui apa yang harus dilakukan pada waktu yang tepat, diawali dengan menghormati Allah dengan mencari kehendak-kehendak-Nya. Dalam ayat-ayat pembuka kitab itu, kita membaca: “Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu sebab karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu, dan suatu kalung bagi lehermu” (ay.8-9).

Ellen dituntun temannya kepada Sumber hikmat yang dibutuhkannya: Carilah kehendak Allah. Hadiah yang diterima Ellen mengarahkan perhatiannya kepada Pribadi yang sanggup memberikan pertolongan yang dibutuhkannya. Ketika kita menghormati Allah dan mencari kehendak-Nya, kita akan menerima hikmat yang kita butuhkan untuk segala persoalan yang kita hadapi dalam hidup ini. Ada hikmat Tuhan untuk setiap persoalan.


Ya Allah, ingatkan aku bahwa Engkaulah Sumber segala hikmat yang kubutuhkan.

0 Komentar