Prosesi Serah-Terima Kepengurusan OSIS SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo Tahun 2023

Prosesi Serah-Terima Kepengurusan OSIS SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo Tahun 2023

Siapa yang tidak tahu tentang OSIS? Istilah OSIS tidak asing bagi siswa SMA karena OSIS adalah salah satu organisasi sekolah yang paling umum dan berhubungan langsung dengan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

OSIS merupakan kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. OSIS memiliki peran sebagai penggerak siswa untuk aktif dalam kegiatan di sekolah. OSIS merupakan wadah Pembinaan Kesiswaan di sekolah untuk pengembangan minat, bakat serta potensi Siswa.

Latar belakang dibentuknya OSIS ini adalah untuk menyiapkan siswa-siswa di usia remaja agar mampu hidup mandiri dalam masyarakat dengan memberikan pelatihan kepemimpinan, keterampilan, daya kreasi, kesegaran jasmani, dan jiwa patriotisme.

Banyak sekali manfaat dari kegiatan OSIS, antara lain:
  • Meningkatkan generasi penerus yang beriman kepada Tuhan.
  • Membangun landasan kepribadian yang kuat.
  • Memfasilitasi siswa dalam menyalurkan aspirasi, mengekspresikan kreativitas, serta mampu berkontribusi untuk hal-hal positif.
  • Memaksimalkan potensi siswa untuk bisa meraih prestasi yang membanggakan diri dan sekolah.
  • Melatih keterampilan siswa dalam bersosialisasi dan bernegosiasi.
  • Membantu siswa dalam memahami dan menghargai lingkungan sekitar serta nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat.
  • Meningkatkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama secara mandiri, berpikir logis, dan demokratis.

SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo juga membentuk OSIS sebagai wadah kegiatan siswa yang positif di sekolah. Seperti halnya sebuah Organisasi, OSIS di SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo juga mempunyai struktur organisasi yang terdiri dari Pembina dan Pengurus OSIS beserta masa jabatannya. Masa jabatan OSIS SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo adalah 1 tahun.

Memasuki tahun 2023, OSIS SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo mulai berbenah untuk menyiapkan pengurus OSIS yang baru. SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo mengadakan prosesi serah terima kepengurusan OSIS SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo periode 2022 kepada adik kelas pengurus OSIS periode 2023.

Upacara serah terima sekaligus pelantikan pengurus OSIS ini dilakukan di halaman depan SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo. Dalam acara serah terima jabatan OSIS ini, secara simbolik ketua OSIS periode 2022 menyerahkan bendera OSIS kepada ketua OSIS periode 2023. Pelantikan pengurus OSIS periode 2023 dilakukan oleh kepala SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo, Bapak Gunowo, S.Si.

Kami mengucapkan terima kasih sebanyak banyaknya untuk kerja keras kepada pengurus OSIS periode 2022, dan selamat mengemban tugas untuk pengurus OSIS periode 2023.

0 Komentar