Renungan Harian: Rabu, 7 Desember 2022 - Seribu Lilin

Renungan Harian: Rabu, 7 Desember 2022 - Seribu Lilin

Rabu, 7 Desember 2022

Seribu Lilin

Bacaan Alkitab: Matius 5:14-16

Di salah satu gereja, saat sebelum pandemi terjadi, rutin mengadakan penyalaan lilin di malam natal (sama seperti yang dilakukan diberbagai gereja). Yang membuatnya berbeda adalah jumlah lilin yang menyala. Dalam sebuah ibadah natal yang diselenggarakan, jumlah lilin yang menyala bisa mencapai 5.000 lilin. Jumlah lilin tersebut berdasarkan jumlah jemaat yang hadir. Kerena gereja tersebut memiliki ribuan jemaat, sehingga saat satu orang menyalakan lilin, maka jumlah seluruh lilin yang menyala mencapai ribuan.

Natal memang identik dengan hadirnya terang. Namun yang terpenting bukanlah tentang berapa banyak jumlah lilin yang menyala atau tentang seberapa terang lampu yang menyala saat perayaan natal. Terang Natal yang sesungguhnya adalah kedatangan Kristus ke dalam dunia. Ia datang sebagai Terang bagi dunia yang berada dalam kegelapan. Yesus berkata: “Aku adalah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup” (Yohanes 8: 12). Yesus adalah Terang dunia!

Sebagai pengikut Kristus, kita pun dipanggil untuk menyatakan terang Kristus. Ia menghendaki kita menjadi terang bagi dunia yang diliputi oleh kegelapan dosa. Kita dapat mewujudkannya dengan menunjukkan perilaku yang sesuai dengan kehendak Allah.

Mari menjadi terang Kristus yang nyata. Kita dapat memulainya dari keluarga, membawa terang dalam pergaulan, dalam pekerjaan dan di manapun kita berada sehingga kehidupan kita dapat membawa kemuliaan bagi nama Tuhan.


Tuhan, jadikanlah kami terang-Mu yang bersinar di tengah kegelapan dunia.

0 Komentar