Renungan Harian: Jumat, 16 Desember 2022 - Gembala Di Padang

Renungan Harian: Jumat, 16 Desember 2022 - Gembala Di Padang

Jumat, 16 Desember 2022

Gembala Di Padang

Bacaan Alkitab: Lukas 2:8-17

Gembala menjadi sosok yang cukup sering kita temukan dalam lirik lagu-lagu natal. Padahal jika melihat dan mengetahui sosok mereka, mungkin akan membuat kita merasa heran. Siapakah sesungguhnya para gembala ini? Pada masa itu mereka termasuk orang-orang yang tersisihkan dan tidak dihormati oleh orang Yahudi, khususnya oleh para rabi Yahudi karena dianggap tidak terdidik, dan bahkan sering dianggap tidak jujur. Karena itulah mereka tidak boleh menghadiri ibadah di bait Allah dan bersaksi di pengadilan. Para gembala sering berpindah-pindah dan memilih tinggal bermalam di padang belantara bersama ternak mereka.

Kepada orang-orang seperti para gembala, Allah berkenan menyatakan anugerah-Nya dengan menjadikan mereka sebagai orang pertama yang menerima berita Natal. Mereka yang dianggap paling rendah dalam tatanan sosial pada waktu itu, dipilih Allah untuk menjadi saksi atas peristiwa terbesar dalam sejarah manusia. Para gembala ini tidak hanya mendapatkan hak istimewa untuk menjadi saksi kelahiran Kristus, tetapi juga mendapat kesempatan untuk menjadi penyampai kabar kelahiran Yesus.

Bukankah kita juga sesungguhnya adalah orang-orang biasa namun dipilih Allah untuk menerima anugerah luar biasa. Kita yang rapuh dan penuh dengan dosa namun dikasihi dan diselamatkan oleh Allah. Allah mengirim Putra Tunggal-Nya, turun ke dunia demi menyelamatkan kita dari hukuman dosa. Bagi setiap kita yang mau menanggapi anugerah-Nya, siapapun dan bagaimanapun keadaan kita, Allah mau memakai kita untuk maksud mulia-Nya.


Allah rindu memakai kita menjadi penyampai kabar
keselamatan Allah melalui Kristus.

0 Komentar