Renungan Harian: Sabtu, 24 September 2022 - Lakukanlah

Renungan Harian: Sabtu, 24 September 2022 - Lakukanlah

Sabtu, 24 September 2022

Lakukanlah

Bacaan Alkitab: Filipi 4:1-9

Suatu hari, ketika membantu anak laki-laki saya mengerjakan tugas matematika, saya memperhatikan ia agak bosan mengerjakan beberapa soal dengan konsep yang sama. “Aku sudah bisa, Ayah!” ia bersikeras, sambil berharap saya akan membiarkannya tidak menyelesaikan seluruh tugasnya. Saya pun pelan-pelan menjelaskan kepadanya bahwa sebuah konsep akan tetap menjadi konsep sampai kita belajar melakukannya.

Paulus menulis tentang hal melakukan ini kepada saudara-saudari seimannya di Filipi, “Apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu” (Flp. 4:9). Ada lima hal yang disebut Paulus: rekonsiliasi—yang didesaknya dari Euodia dan Sintikhe (ay.2-3); sukacita—yang diingatkannya agar dialami jemaat (ay.4); kebaikan hati—yang diharapkannya berlangsung dalam hubungan dengan orang lain (ay.5); doa—yang telah ia teladankan secara langsung maupun melalui tulisan (ay.6-7); dan fokus—yang telah ia tunjukkan bahkan saat dipenjara (ay.8). Sebagai orang percaya dalam Tuhan, kita dipanggil untuk menghidupi hal-hal tersebut—rekonsiliasi, sukacita, kebaikan hati, doa, dan fokus. Seperti kebiasaan pada umumnya, nilai-nilai luhur itu harus dilakukan agar terus bertumbuh.

Namun, kabar baiknya adalah, seperti yang telah diberitakan Paulus kepada jemaat di Filipi, “Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya” (2:13). Kita tidak akan pernah bisa melakukan semua itu dengan kekuatan sendiri. Allah sendiri yang akan menyediakan segala yang kita perlukan (4:19).


Tuhan Yesus,
berikanlah aku anugerah
untuk melakukan kehendak-Mu dengan kuasa Roh Kudus
Mampukan aku berjalan menurut kehendak-Mu itu,
agar buah Roh sungguh nyata hadir dalam hidupku

0 Komentar