Renungan Harian: Senin, 8 Agustus 2022 - Saatnya Berkorban

Renungan Harian: Senin, 8 Agustus 2022 - Saatnya Berkorban
Senin, 8 Agustus 2022

Saatnya Berkorban

Bacaan Alkitab: Galatia 5:22-26

Pada Februari 2020, ketika krisis COVID-19 baru mulai merebak, saya tertegun membaca tulisan seorang kolumnis surat kabar. Penulis itu ingin tahu, apakah kita bersedia mengisolasi diri, mengubah kebiasaan dalam bekerja, bepergian, dan berbelanja agar orang lain tidak tertular dan menjadi sakit? ”Yang diuji di sini tidak hanya sumber daya kesehatan masyarakat,” tulisnya, “tetapi juga kerelaan diri kita untuk mendahulukan orang lain.” Tiba-tiba saja, kebajikan menjadi kebutuhan yang dicari di mana-mana.

Memang tidak mudah memerhatikan kebutuhan dan kepentingan orang lain di saat kita sendiri cemas memikirkan keadaan diri sendiri. Syukurlah, kita tidak hanya bermodalkan tekad dalam upaya memenuhi kebutuhan sesama. Kita dapat meminta Roh Kudus untuk memberikan kepada kita kasih sebagai ganti ketidakpedulian, sukacita untuk melawan kesedihan, damai sejahtera untuk mengusir kecemasan, kesabaran untuk menghalau sikap terburu-buru, kemurahan untuk mempedulikan orang lain, kebaikan agar dapat mengenali kebutuhan orang lain, kesetiaan untuk menepati janji, kelemahlembutan menggantikan sikap kasar, serta penguasaan diri untuk mengalihkan fokus kita dari diri sendiri (Gal. 5:22-23). Walaupun kita tidak akan sempurna melakukan itu semua, kita dipanggil untuk terus-menerus mengejar karunia kebajikan dari Roh Kudus (Ef. 5:18).

Penulis Richard Foster menggambarkan kekudusan sebagai kesanggupan untuk melakukan apa yang perlu dilakukan pada saat diperlukan. Kekudusan itu kita perlukan setiap hari, tidak hanya pada masa pandemi. Apakah kita memiliki kapasitas untuk berkorban demi kepentingan orang lain? Sebagai seorang pendidik Kristen, pengorbanan seperti apa yang perlu untuk kita lakukan hari ini? Roh Kudus, penuhilah kami dengan kuasa untuk melakukan apa yang perlu dilakukan.


Ya Roh Kudus, penuhilah aku kembali hari ini,
dan jadikanlah aku pribadi yang melimpah dengan kebajikan

0 Komentar