Renungan Harian: Rabu, 27 Juli 2022 - Jangan Remehkan Hal Kecil

Renungan Harian: Rabu, 27 Juli 2022 - Jangan Remehkan Hal Kecil

Rabu, 27 Juli 2022

Jangan Remehkan Hal Kecil

Bacaan Alkitab: Rut 2:1-9;23

Apa yang Anda pikirkan jika melihat uang koin dan receh? Kebanyakan orang tidak menganggapnya penting, uang logam kini hanya dicari-cari untuk membayar kembalian atau memberi tip kepada juru parkir. Tapi tidak demikian halnya bagi ibu Marni dan bapak Hengki, warga Dusun Allu, Desa Tamatto, Kecamatan Ujungloe, Kabupaten Bulukumba. Pasutri ini berhasil mengumpulkan uang recehan untuk menebus satu unit mobil Toyota Rush TRD seharga Rp 267,8 juta. Ibu Marni menceritakan bahwa Toyota Rush itu adalah mobil impiannya dari beberapa tahun yang lalu. Dia berniat mengumpulkan uang receh dengan gigih dalam kurun waktu lebih dari 5 tahun. Semuanya berawal dari impian ingin memiliki dan tidak meremehkan hal yang kecil. Ketekunan pada hal yang tampaknya kecil dan sederhana dapat membawa pada sebuah hasil yang besar.

Ketika musim menuai tiba, Naomi menyuruh menantunya, Rut mengumpulkan sisa-sisa gandum yang tertinggal di ladang milik Boas. Pada waktu itu berlaku tradisi yang memperbolehkan orang-orang miskin dan orang asing untuk memperoleh makanan dari sisa-sisa gandum di ladang. Ada aturan dalam masyarakat Israel agar orang tidak memanen sampai habis, sebab sisanya adalah bagian orang miskin dan orang asing. Bahkan jika seorang pemilik ladang ketinggalan berkas jelai, ia dilarang untuk mengambilnya kembali.

Tanpa rasa lelah, Rut bekerja mengumpulkan sisa gandum dari pagi hingga sore hari. Rut adalah seorang yang tekun berusaha dan penuh semangat dalam bekerja. Ia tidak merasa canggung ketika harus mengumpulkan sisa-sisa gandum. Semua dilakukan Rut dengan penuh syukur. Tuhan memperhatikan dan memberkati apa yang dilakukan Rut. Dalam pemeliharaan dan kedaulatan Tuhan, Ia mempertemukan Rut dengan Boas dan Tuhan memakai Boas untuk menyatakan berkat-Nya atas kehidupan Rut.

Ada banyak hal yang tampaknya kecil dan sederhana, namun jika tekun dilakukan akan menghasilkan perubahan atau dampak. Mengucapkan “Terima Kasih”, “Maaf”, “Tersenyum”, “Menabung”, adalah sedikit dari banyak contoh tindakan sederhana namun dapat memberikan dampak yang berarti. Kita bisa memulai hal kecil itu sekarang!


Tindakan-tindakan kecil yang dilakukan secara konsisten
dengan disiplin dan ketekunan yang luar biasa akan mengubah hidup kita

0 Komentar