Renungan Harian: Kamis, 21 Juli 2022 - Lakukan Saja!

Renungan Harian: Kamis, 21 Juli 2022 - Lakukan Saja!

Kamis, 21 Juli 2022

Lakukan Saja!

Bacaan Alkitab: Filipi 2:12-14

Seorang pemuda baru saja keluar dari tempat di mana ia bekerja. Ternyata hal ini bukan untuk yang pertama ataupun kedua kalinya, namun untuk yang ketujuh kalinya. Ia mengeluh untuk hampir semua hal: mengeluh akan bos nya, gajinya, rekan-kerjanya, lingkungannya dan merasa pekerjaan yang diberikan terlalu berat. Melihat akan kondisi tersebut, temannya berkata, “Kamu terlalu banyak mengeluh. Hal sederhana yang bisa kamu lakukan, katakan pada dirimu: lakukan saja!

Salah satu alat ukur penting untuk menilai pekerjaan seseorang adalah etos kerjanya. Sebagai anak Tuhan, kita harus melakukan segala sesuatu dengan kualitas terbaik karena Kristus telah terlebih dahulu memberikan yang terbaik, yaitu anugerah keselamatan. Sudah seharusnya setiap pekerjaan dan pelayanan yang kita lakukan merupakan ungkapan syukur kita kepada Tuhan. Bekerja dan melayani dengan sungguh-sungguh, tanpa bersungut dan berbantah-bantahan. Semangat materialistis mengajarkan supaya kita bekerja sesuai dengan bayaran yang disediakan, tetapi etos kerja sebagai anak Tuhan mengajarkan untuk rela berkorban dan membayar harga.

Rasa lelah karena pekerjaan yang kita lakukan adalah hal yang manusiawi. Kita tidak diciptakan seperti robot yang tidak dapat merasakan apa-apa. Namun bersikap untuk tetap bersyukur atau justru terus mengeluh, adalah pilihan kita masing-masing. Di sinilah kedewasaan sebagai Kristen sejati akan teruji.


Siapapun dapat mengeluh, dan kita memiliki hak untuk itu,
tetapi jika kita ingin melihat perubahan, kita harus bertindak.
Tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata.
Jangan mengeluh tentang sesuatu,
tetapi ubahlah sesuatu!

0 Komentar