Renungan Harian: Jumat, 22 Juli 2022 - Di Tangan Sang Penjunan

Renungan Harian: Jumat, 22 Juli 2022 - Di Tangan Sang Penjunan

Jumat, 22 Juli 2022

Di Tangan Sang Penjunan

Bacaan Alkitab: Yeremia 18:1-6

Ketika seorang pengrajin keramik dan gerabah ingin membuat suatu karya, tidak jarang mereka meremukkan kembali keramik dan gerabah yang sudah terbentuk. Setelah meremukkan, si Pengrajin kembali mencoba membentuk keramik dan gerabah sesuai dengan rancangan yang ada di pikiran dan hatinya. Bukan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran serta ketelitian di dalam membuat keramik dan gerabah dengan kualitas unggulan.

Yeremia diutus pergi ke tukang periuk dan memperhatikan bagaimana ia bekerja. Ketika bejana yang sedang dibentuknya rusak, bejana tersebut dihancurkan menjadi tanah liat kembali, kemudian dibentuk menjadi bejana yang lebih baik. Allah memberitahukan Yeremia bahwa Ia akan bertindak terhadap Yehuda seperti tukang periuk itu terhadap bejana tanah liatnya. Allah akan membentuk bangsa Yehuda terus-menerus sehingga menjadi bangsa pilihan sesuai kehendak-Nya.

Hal yang sama pun dilakukan Allah bagi kehidupan setiap kita. Tangan Allah yang tekun dan sabar tidak pernah berhenti membentuk kita. Lewat semua detil perkara dalam hidup kita, Dia masih memegang kendali dan mengerjakan segala sesuatu dalam rencana-Nya untuk kebaikan kita. Kasih-Nya amat besar sehingga Ia terus menerus membentuk kita dengan tujuan agar kita menjadi pribadi yang semakin hari semakin serupa dengan Yesus Kristus.

Bersediakah kita dengan rendah hati menerima pembentukan Tuhan atas hidup ini?


Dengan kasih dan anugerah-Nya Ia membentuk kita,
menjadi bejana yang indah dan bisa dinikmati oleh banyak orang.

0 Komentar