Renungan Harian: Selasa, 31 Mei 2022 - Dibandingkan dengan Orang Lain

Renungan Harian: Selasa, 31 Mei 2022 - Dibandingkan dengan Orang Lain

Selasa, 31 Mei 2022

Dibandingkan dengan Orang Lain

Bacaan Alkitab: Daniel 1:6-21

Dibandingkan itu sungguh tidak enak. “Adikku selalu juara kelas, tetapi untuk mengerjakan segala sesuatu selalu lambat. Aku orang yang cekatan, tetapi nilaiku pas-pasan. Entah apa yang dipikirkan oleh papa-mama ketika membandingkan kami sedemikian. Sungguh, dibandingkan itu tidak enak.” Inilah ungkapan seorang anak yang merasa tidak yakin dengan keberadaan dirinya.

Berbeda dengan situasi yang dialami oleh Daniel, Hananya, Misael dan Azarya yang. Mereka dipilih menjadi pegawai raja, dan mendapatkan hak istimewa untuk menikmati makanan yang sama dengan makanan raja. Namun mereka menolak untuk makanan dan minuman tersebut serta menantang untuk dibandingkan dengan para pejabat yang makan dari santapan raja dalam waktu sepuluh hari. Hal ini dilakukan Daniel dan tiga sahabatnya untuk tidak menajiskan diri. Menahan diri untuk tidak memakan santapan raja bukan untuk diet tetapi demi menjaga kekudusan hidupnya. Daniel meminta kepada penjenang untuk menyediakan sayur dan air saja. Setelah sepuluh hari, mereka dibandingkan dengan pegawai yang lain dan didapati perawan Daniel dan para sahabatnya tampak lebih baik dan lebih gemuk.

Daniel dengan berani menunjukkan keteguhannya untuk tidak menajiskan diri dengan santapan raja. Maka Allah mengaruniakan kepada Daniel kasih dan sayang dari pemimpin pegawai istana. Bahkan Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi (17). Alkitab mencatat, tidak ada yang setara dengan kecerdasan mereka. Keberhasilan Daniel bukan terletak kepada kepandaian atau kecerdasannya. Tapi pada Allah, Tuhan yang mereka sembah.


Pengendalian Diri Terbaik Didasarkan Pada
Pengenalan Yang Benar Akan Allah

0 Komentar