Renungan Harian: Selasa, 17 Mei 2022 - Hidup Menjadi Ilustrasi Allah

Renungan Harian: Selasa, 17 Mei 2022 - Hidup Menjadi Ilustrasi Allah

Selasa, 17 Mei 2022

Hidup Menjadi Ilustrasi Allah

Bacaan Alkitab : 2 Korintus 3:1-6

Dalam sebuah khotbah, ilustrasi merupakan hal yang sangat penting agar pesan firman Tuhan yang disampaikan dapat diterima dengan jelas. Tanpa ilustrasi, khotbah yang bagus sekalipun kerap kali sukar dipahami. Rektor sebuah sekolah tinggi teologi mengatakan bahwa ilustrasi bagaikan jendela yang menerangi isi seluruh rumah. Bahkan ia menyebutkan bahwa ilustrasi yang baik akan membantu keberhasilan sebuah pewartaan firman hingga sebesar 40%.

Jemaat Korintus terkenal dengan reputasinya yang buruk. Walaupun mereka sudah percaya kepada Yesus, namun kehidupan mereka belum mencerminkan ajaran Kristus yang sesungguhnya. Rasul Paulus mengingatkan jemaat di Korintus bahwa mereka adalah surat Kristus. Ini berarti, ketika surat itu dibaca, maka ia harus mencerminkan Kristus yang sesungguhnya.

Kristus harus tampak secara jelas dan bukan samar-samar melalui kehidupan nyata setiap hari. Gypsy Smith, seorang penginjil besar di zamannya, mengajarkan bahwa sebenarnya ada lima Injil. Ketika mengucapkan kalimat terakhir, para pendengarnya memprotes dalam hati. Namun belum sempat memprotes, ia menjelaskan sambil menyebutkan masing-masing Injil yang dimaksud. Menurutnya, Injil itu terdiri dari Matius, Markus, Lukas, Yohanes, dan yang kelima adalah orang kristiani itu sendiri.

Kekristenan dan ajarannya sesungguhnya sangat menarik. Namun, yang terkadang membuatnya kurang menarik adalah orang-orang kristiani yang mengilustrasikannya. Sungguh sayang bila ini terus terjadi. Dunia menanti ilustrasi nyata dari kehidupan orang percaya. Mari minta Roh Kudus menolong kita untuk menunjukkannya dengan baik.


Hidup Kita Menjadi Ilustrasi Nyata Dari Firman Dan Ajaran Kristus.

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Selasa, 17 Mei 2022 - Hidup Menjadi Ilustrasi Allah"