Renungan Harian: Kamis, 28 April 2022 - Inisiatif Meminta Maaf

Renungan Harian: Kamis, 28 April 2022 - Inisiatif Meminta Maaf

Kamis, 28 April 2022

Inisiatif Meminta Maaf

Bacaan Alkitab: Matius 5:20-26

”Inisiatif minta maaf itu ampuh. Tindakan itu menyelesaikan konflik tanpa kekerasan, memperbaiki perpecahan antar bangsa, memungkinkan pemerintah mengenali penderitaan rakyatnya, dan memulihkan keseimbangan dalam hubungan pribadi.” Demikianlah tulis Deborah Tannen, seorang pengarang buku terlaris dan sosiolinguis dari Georgetown University di Washington D.C.

Alkitab pun jauh sebelumnya sudah membicarakan tentang hal ini dalam pengajaran /khotbah Yesus di bukit yang disampaikan kepada orang banyak pada waktu itu. Inisiatif minta maaf dengan tulus adalah cara yang efektif untuk memperbaiki hubungan yang rusak (Matius 5:23-24). Hari-hari ini, ada banyak keluarga Kristen yang hancur karena anggota keluarga di dalamnya tidak ada yang mau merendahkan hati untuk datang meminta maaf.

Banyak organisasi, pekerjaan atau bisnis yang tidak bisa berjalan dengan baik, hanya karena tak ada orang yang mau berinisiatif lebih dahulu untuk meminta maaf. Dengan meminta maaf, kebesaran hati seseorang akan terlihat. Sebagai orang percaya, Tuhan ingin kehadiran kita dapat memeragakan karakter Kristus dimana pun kita berada. Salah satunya dengan mengesampingkan ego dan berinisiatif meminta maaf saat ada hubungan yang tidak berjalan dengan baik. Memang menerapkannya tidak mudah, namun saat kita mengambil langkah iman untuk melakukannya, percayalah bukan saja bisa hubungan kita yang akan dipulihkan, tetapi karakter kita juga akan bertumbuh dewasa semakin menyerupai karakter Kristus. Bukankah hal ini yang menjadi tujuan hidup kita?


Berinisiatiflah untuk meminta maaf ketika ada masalah atau konflik
dalam hubungan anda dengan orang lain

0 Komentar