Renungan Harian: Selasa, 22 Maret 2022 - Manusia Lama Atau Baru?

Renungan Harian: Selasa, 22 Maret 2022 - Manusia Lama Atau Baru?

Selasa, 22 Maret 2022

Manusia Lama Atau Baru?

Bacaan Alkitab: Efesus 4:25-32

Entah karena alasan apa, seorang pria memakai sepatu yang sama setiap harinya selama 10 tahun. Padahal dengan gaji yang dimilikinya, ia bisa saja membeli sepatu yang baru, namun hal itu tidak dilakukannya. Hingga suatu hari, entah mimpi apa ia membeli sepatu baru dengan pilihan warna yang berbeda dari sepatunya terdahulu dan memakainya ke kantor. Hari itu, hampir setiap rekan kantornya menyadari bahwa ada yang berbeda dengan alas kaki yang digunakannya, apalagi dengan pilihan warna putih yang membuat sepatunya tampak mencolok. Perubahan yang terjadi dalam diri seseorang, entah cepat atau lambat, pasti akan disadari oleh orang lain. Perubahan ini tidak saja menyangkut hal fisik namun juga perubahan sifat, karakter atau kebiasaan seseorang.

Alkitab menyatakan ada dua macam manusia, yaitu manusia lama dan manusia baru. Manusia lama adalah mereka yang tidak mengenal kebenaran Kristus. Sedangkan manusia baru adalah orang yang ada dalam Kristus. Jelas ada perbedaan yang nyata dari cara hidup manusia lama dan baru. Hidup manusia lama di antaranya adalah hidup dengan pikiran yang sia-sia, pengertian yang gelap, tidak menyembah Allah, pemarah, pendendam, dsb (ay.17-19, 25-31). Sedangkan manusia baru memiliki sifat sebaliknya, diantaranya adalah tidak pemarah, pendamai, tidak pemfitnah, peramah, pengasih dan pengampun.

Dengan mengetahui perbedaan hidup manusia lama dan baru, kita dapat bercermin seperti apakah diri kita. Kita mengenali diri kita sebagai manusia lama atau baru. Jawaban kita atas pertanyaan ini akan dibuktikan melalui perbuatan kita setiap hari.


Tuhan, tolong setiap kami untuk menanggalkan cara hidup sebagai
manusia lama dan sebagai syukur atas anugerah-Mu,
kami menjalani hidup sebagai manusia baru

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Selasa, 22 Maret 2022 - Manusia Lama Atau Baru?"