Renungan Harian: Sabtu, 5 Maret 2022 - Kerukunan

Renungan Harian: Sabtu, 5 Maret 2022 - Kerukunan

Sabtu, 5 Maret 2022

Kerukunan

Bacaan Alkitab: Mazmur 133:1-3

Bukan hal yang baru jika kita mendengar ada keluarga yang menyelesaikan masalah mereka bukan dengan jalan kekeluargaan, sebaliknya justru membawa masalah tersebut diselesaikan dengan jalur hukum. Bahkan ada beberapa kasus di mana anak melaporkan bahkan mempolisikan orang tua kandung hanya karena hal sepele.

Dalam berbagai persekutuan antar manusia, baik itu dalam keluarga, komunitas gereja atau bahkan berbagai komunitas dalam masyarakat, kita harus menyadari betapa pentingnya kerukunan kasih. Ini adalah unsur vital yang harus ada dalam setiap bentuk persekutuan manusia. Tanpa kerukunan, maka ikatan dalam sebuah hubungan hanyalah sebuah formalitas belaka. Sebaliknya, suatu persekutuan yang dilandasi dengan kasih dan kerukunan, akan memberikan dampak yang luar biasa.

Mazmur 133 melukiskan keindahan kasih kepada sesama saudara. Mazmur ini melukiskan bagaimana komunitas persekutuan kasih ini menyenangkan Allah sehingga Ia mencurahkan berkat-Nya yang limpah (Ay. 2—seperti minyak yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya dan seperti embun yang turun dari Hermon sampai ke Sion). Demikianlah berkat yang melimpah itu dialami dan dinikmati umat Allah dalam wujud tindakan saling mengasihi dan saling memberkati.Sudahkah kita mengupayakan kerukunan dan persekutuan kasih dalam komunitas kita? Kita dapat memulainya sekarang dengan saling mengasihi, saling mengerti dan peduli dan saling mengampuni.


Kasih kepada Allah menjadi dasar kasih kepada sesama
Kasih kepada sesama menjadi bukti dan wujud kasih kepada Allah

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Sabtu, 5 Maret 2022 - Kerukunan"