Renungan Harian: Kamis, 10 Maret 2022 - Rela Berkorban

Renungan Harian: Kamis, 10 Maret 2022 - Rela Berkorban

Kamis, 10 Maret 2022

Rela Berkorban

Bacaan Alkitab: Yohanes 15:9-13

Tsunami yang melanda Jepang pada tahun 2011 dianggap sebagai salah satu bencana alam terburuk yang pernah melanda Negeri Sakura. Namun, di balik musibah tersebut, ada kisah pengorbanan dua orang petugas yang sukses menyelamatkan banyak orang meski harus kehilangan nyawanya sendiri. Mereka adalah Takeshi Miura dan Miki Endo. Mereka sedang bertugas di pos penjagaan divisi penanggulangan bencana, kala tsunami dengan ketinggian 10 meter menerjang. Namun mereka berdua memilih terus bertahan sembari memberi peringatan kepada penduduk lainnya jika tsunami telah datang. Keduanya kemudian dilaporkan tewas saat bertugas. Takeshi dan Miki pun dikenang sebagai pahlawan yang rela mati demi menyelamatkan nyawa orang lain.

Rela berkorban adalah suatu sifat yang sudah mulai jarang ditemukan. Sedikit saja orang yang rela berkorban. Prinsip dasar untuk mengampuni berarti ia mengijinkan dirinya dirugikan, dikorbankan. Walaupun nampaknya hal ini adalah tindakan yang kurang masuk akal, faktanya adalah orang yang mengampuni adalah orang yang mengorbankan diri. Charles R.Swindoll mengatakan bahwa, “ berkorban ialah menyerahkan sesuatu demi mendapatkan sesuatu yang lebih baik.” Yesus Kristus adalah Pribadi dan Pemimpin yang rela dengan sadar mengorbankan dirinya untuk orang-orang yang dikasihi-Nya. Ada jutaan bahkan milyaran orang telah mengalami transformasi akibat pengorbanan itu.

Sebagai murid Kristus, kita pun harus berani mengambil langkah rela berkorban bagi sesama. Situasi dan kondisi di sekitar kita mungkin sedang “menuntut” kita berkorban waktu, pikiran, tenaga, emosi. Meskipun tidak mudah, namun hal itulah yang seharusnya kita lakukan dan usahakan.


Salah satu ujian bagi hati nurani manusia adalah kesediaannya untuk mengorbankan sesuatu hari ini untuk generasi masa depan yang ucapan terima kasihnya tidak akan terdengar

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Kamis, 10 Maret 2022 - Rela Berkorban"