Renungan Harian: Jumat, 25 Maret 2022 - Kuasa Yesus Yang Mengubahkan

Renungan Harian: Jumat, 25 Maret 2022 - Kuasa Yesus Yang Mengubahkan

Jumat, 25 Maret 2022

Kuasa Yesus Yang Mengubahkan

Bacaan Alkitab: Filemon 1:8-20

Sebuah kalimat berbunyi, “Setiap orang suci memiliki masa lalu dan setiap orang berdosa memiliki masa depan”. Mungkin ini adalah kalimat yang dapat mewakili isi surat Paulus (ayat 17-19) kepada Filemon. Dalam suratnya ini, Paulus ingin menjadi penengah antara Onesimus dan Filemon. Kita memang tidak tahu persis apa yang terjadi sampai Onesimus lari dari rumah tuannya, Filemon. Apakah dia seorang budak yang malas, tidak jujur, yang pada waktu ada kesempatan kemudian membawa lari uang tuannya? Kita tidak tahu. Hal yang jelas, ada masalah serius dalam relasi tuan dan budak. Sebagai seorang budak, Onesimus telah melarikan diri dari tuannya. Menurut konteks saat itu, budak seperti ini sudah tidak berguna lagi dan pantas dihukum mati.

Karena bertemu dengan Paulus dan mendengar khotbahnya, Onesimus mengalami perubahan total dalam hidupnya. Dia menerima Tuhan Yesus, dan di situ Paulus melihat kuasa transformasi terjadi dalam diri Onesimus. Karena itu, Paulus menginginkan agar Filemon menerima Kembali Onesimus, bukan sebagai budak, melainkan sebagai saudara seiman dalam Kristus (ayat 16-20). Mungkin kita bisa membayangkan bagaimana reaksi Filemon pada saat Onesimus datang menemui dirinya. Namun bukan perubahan Onesimus ataupun penerimaan Filemon yang menjadi inti di sini. Intinya justru berbicara mengenai kuasa Injil Injil Yesus Kristus yang mengubah moral dan karakter seseorang.

Selama ini mungkin ada relasi yang sudah retak dalam hubungan kita dengan sesama. Ada luka-luka kemarahan dan kesedihan yang mendalam. Namun firman ini mengingatkan kita, bahkan memampukan kita untuk mengampuni, menerima dan memperbaiki relasi yang sudah pernah retak itu.


Perubahan hanya dapat terjadi ketika kuasa
nama Yesus Kristus itu mengubah seseorang

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Jumat, 25 Maret 2022 - Kuasa Yesus Yang Mengubahkan"