Renungan Harian: Sabtu, 5 Februari 2022 - Kunjunganmu Berarti Bagiku

Renungan Harian: Sabtu, 5 Februari 2022 - Kunjunganmu Berarti Bagiku

Sabtu, 5 Februari 2022

Kunjunganmu Berarti Bagiku

Bacaan Alkitab: Lukas 1:36-45

Saat Maria mengunjungi Elisabet, hal itu tidak hanya membuat Elisabet bahagia, tapi juga anak yang ada dalam kandungannya. Kunjungan Maria kepada Elisabet bukan pertemuan biasa, tapi pertemuan berarti yang diprakarsai Allah. Kunjungan itu juga perjumpaan antara Yesus yang akan menjadi anak Maria dengan Yohanes Pembaptis yang akan menjadi anak Elisabet.

Tahukah Anda, kegiatan kunjung-mengunjungi sebenarnya memiliki pengaruh yang sangat besar jika didasari motif yang benar, misalnya seperti melepas rindu, berbagi cerita hidup, untuk saling memberi support. Hal tersebut dapat memberi kelegaan dan penghiburan seperti yang terjadi antara Maria dan Elisabet. Jangan anggap sepele sebuah kunjungan. Ada banyak kesaksian luar biasa ketika seseorang berkunjung. Seperti kunjungan kepada orang sakit, mengunjungi sanak saudara, mengunjungi orang-orang di penjara yang lemah pengharapannya, bahkan kunjungan kepada orang terdekat seperti orang tua kita yang lanjut usia, dapat memberikan mereka secercah kebahagiaan. Yesus sendiri pernah memberi perumpamaan tentang pentingnya memiliki kepedulian kepada sesama, salah satunya melakukan kunjungan.

Yesus berkata dalam Matius 25:39 ada orang-orang benar yang menjawab Dia, “Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau? Lalu Ia menjawab: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku?” Persoalannya, ada pula orang yang melakukan kunjungan dengan motif yang salah, seperti untuk membicarakan orang lain, bergosip, dan hal-hal lain dengan maksud jahat. Bagaimanapun juga, kunjungan seperti ini justru menjadi beban dan sama sekali tidak membawa berkat. Teladanilah Maria, sisihkan waktu dan lakukanlah kunjungan kepada sesama dan hendaknya kunjungan kita membawa sukacita, damai sejahtera, dan berkat bagi orang lain.


Tuhan, berikan aku hikmat dan kemampuan
agar dapat menjadi kunjungan yang berarti bagi sesama

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Sabtu, 5 Februari 2022 - Kunjunganmu Berarti Bagiku"