Renungan Harian: Senin, 10 Januari 2022 - Tahu yang Harus Dilakukan

Renungan Harian: Senin, 10 Januari 2022 - Tahu yang Harus Dilakukan


Senin, 10 Januari 2022

Tahu yang Harus Dilakukan

Bacaan Alkitab: Ester 7:1-10

Pada awal tahun 2020 lalu, dunia dikejutkan dengan wabah virus corona atau Covid-19 yang menginfeksi hampir seluruh negara di dunia. Semenjak Januari 2020, WHO telah menyatakan dunia masuk ke dalam darurat global terkait virus ini. Khusus di Indonesia sendiri pemerintah telah mengeluarkan status darurat bencana terkait pandemi virus Covid-19 ini. Sebagai salah satu cara pemerintah menangani pandemi Covid-19 di Indonesia adalah dengan memutuskan meliburkan sekolah-sekolah, kantor, pabrik, aktivitas keagamaan di rumah-rumah ibadat, dsb untuk jangka waktu tertentu.

Pada masa-masa awal pandemi, beragam reaksi masyarakat menyikapi keputusan pemerintah tersebut. Selain perasaan kuatir bahkan takut atas ancaman virus covid-19, cukup banyak pula masyarakat yang bingung harus melakukan apa di tengah segala pembatasan kegiatan yang disampaikan oleh pemerintah. Bahkan setelah beberapa bulan menjalani hari-hari di tengah pandemi, masih banyak masyarakat yang bingung harus melakukan apa. Pada situasi dan kondisi tertentu dalam kehidupan ini, ada saat dimana kita diperhadapkan pada pilihan: Diam saja atau bertindak dan melakukan sesuatu. Seringkali kebingungan dan gabungan berbagai pikiran dan perasaan membuat seseorang akhirnya memilih diam dan tidak melakukan apa-apa (Baca=sesuatu yang berarti).

Saat Ester dan seluruh bangsanya diambang kebinasaan karena rencana Haman, Ester tidak tinggal diam, ia harus melakukan sesuatu sekalipun nyawanya sendiri menjadi taruhannya. Ester mempersiapkan suatu strategi yang cermat dan penuh resiko. Karena itu, Ester bertindak dengan sangat hati-hati , tenang dan penuh perhitungan yang matang. Saat manusia jatuh ke dalam dosa dan menuju pada kebinasaan, Allah tidak berdiam diri. Allah mengutus dan mengorbankan Anak-Nya yang tunggal untuk menebus dosa manusia. Mari kita menjadi pribadi-pribadi yang dapat diandalkan bahkan siap berkorban demi pekerjaan dan kehendak Allah dinyatakan.


Orang yang dapat diandalkan adalah
orang yang tahu apa yang dilakukannya.

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Senin, 10 Januari 2022 - Tahu yang Harus Dilakukan"