Renungan Harian: Selasa, 4 Januari 2022 - “Ganbatte”

Renungan Harian: Selasa, 4 Januari 2022 - “Ganbatte”


Selasa, 4 Januari 2022

“Ganbatte”

Bacaan Alkitab: Matius 24:45-51


Etos kerja masyarakat Jepang merupakan salah satu yang cukup populer untuk diketahui oleh masyarakat luas. Salah satu etos kerja dan prinsip masyarakat Jepang yang terapkan adalah “Ganbatte” yang berarti tetap semangat atau lakukan yang terbaik. Masyarakat Jepang dikenal dengan semangatnya yang tak kunjung padam dalam menghadapi tantangan apa pun dalam kehidupan mereka. Semangat ini tertanam dari sejak mereka kecil hingga mereka dewasa. Saat masih di bangku sekolah, jam sekolah yang panjang dan tugas-tugas yang menantang sudah menjadi rutinitas mereka. Belum lagi berbagai jenis tes yang harus mereka lewati dan kompetisi-kompetisi yang harus mereka lewati baik di dalam maupun luar sekolah. Di dunia kerja, semangat ini terus kentara dan tidak jarang masyarakat Jepang malu apabila pulang dari kantor lebih cepat daripada rekan kerja lainnya.

Hidup ini adalah anugerah Tuhan. Sebagai orang-orang yang telah ditebus oleh Yesus, hidup kita adalah milik Allah. Oleh sebab itu Allah menuntut pertanggungjawaban tentang bagaimana kita hidup seperti halnya tuan menuntut pertanggungjawaban para pekerjanya. Ada dua tipe hamba di hadapan Tuhan, menurut perikop yang tadi kita baca. Pertama, hamba yang setia dan bijak. Tipe kedua adalah hamba yang jahat. Sikap hamba yang pertama dapat diandalkan sang tuan karena ada atau tidaknya sang tuan, ia akan tetap bekerja dengan baik. Hal ini seharusnya menjadi etos hidup, pelayanan dan kerja orang Kristen. Namun tidak demikian halnya dengan hamba yang jahat. Ia bersikap lalai membuang waktu yang seharusnya dimanfaatkan dengan baik untuk bekerja. Tugas yang dipercayakan kepadanya tidak dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Bagaimana sikap kita dalam bekerja dan berkarya selama ini? Apakah kita telah memanfaatkan waktu dan kesempatan dari Tuhan untuk mengerjakan tugas-tugas yang telah dipercayakan dengan penuh tanggung jawab? Mari kita memuliakan Tuhan melalui kerja dan karya kita.


Tuhan mencari hamba-hambaNya yang setia dan dapat diandalkan

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Selasa, 4 Januari 2022 - “Ganbatte”"