Renungan Harian: Selasa, 25 Januari 2022 - Kelola dan Usahakan!

Renungan Harian: Selasa, 25 Januari 2022 - Kelola dan Usahakan!

Selasa, 25 Januari 2022

Kelola dan Usahakan!

Bacaan Alkitab: Kejadian 2:15-20

Kampung Gajah merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang terkenal di Bandung. Namun itu dahulu. Sebelum telantar seperti sekarang, Kampung Gajah memiliki lebih dari tiga puluh wahana permainan. Sekarang, kita hanya akan melihat bangunan tua yang tidak terurus, wahana berkarat, dan patung-patung yang dipenuhi lumut. Tempat wisata ini terbengkalai akibat dinyatakan bangkrut oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada akhir tahun 2017. Pada akhirnya, Kampung Gajah resmi ditutup pada Mei 2018. Sebagus dan semegah apapun sebuah tempat wisata pada awalnya, namun jika tidak dikelola dengan baik, tidak akan bertahan lama. Tidak hanya tempat wisata, tetapi hal ini juga berlaku untuk bisnis, karir, keuangan, pelayanan, dan berbagai aspek lainnya. Dibutuhkan komitmen untuk mengelola dan menjalankan apa yang telah Tuhan percayakan.

Allah menciptakan manusia dan menempatkannya dalam taman Eden. Di taman Eden, Adam diberikan kesempatan untuk bekerja mengusahakan dan memelihara taman itu (ay. 15). Selain itu, Allah juga memberi tugas untuk memberikan nama kepada ciptaan Tuhan lainnya. Manusia diharapkan dapat mengelola dan memelihara ciptaan Tuhan, ironisnya manusia justru menjadi perusak dan penghancur. Krisis lingkungan hidup yang dialami manusia pada masa sekarang merupakan akibat langsung dari kurang pedulinya manusia terhadap pengelolaan lingkungan hidup mereka sendiri. Alam merupakan pemberian Allah untuk manusia agar dipelihara dan dikelola dengan baik dan bertanggung jawab.

Setiap orang memiliki tanggung jawab terhadap alam ciptaan Tuhan. Keikutsertaan dalam melestarikan alam, bukan lagi harus dilakukan sebagai bentuk formalitas taat negara, atau ikut-ikutan masyarakat sekitar. Tetapi dilaksanakan sebagai bentuk kesadaran dan tanggung jawab umat Kristen sebagai umat ciptaan Allah.


Hidup akan terasa lebih indah dan selaras bila disertai dengan
kesadaran akan tanggung jawab untuk memelihara alam ciptaan Tuhan

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Selasa, 25 Januari 2022 - Kelola dan Usahakan!"