Renungan Harian: Selasa, 18 Januari 2022 - Dipakai Tuhan

Renungan Harian: Selasa, 18 Januari 2022 - Dipakai Tuhan


Selasa, 18 Januari 2022

Dipakai Tuhan

Bacaan Alkitab: Hakim-Hakim 4:1-14

Siapa yang tidak mengenal Mark Zuckerberg, seorang pendiri facebook. Namun mungkin tidak banyak yang mengenal sosok Karen Kempner, yang adalah ibu dari Mark Zuckerberg. Ternyata peran sang ibu dalam kesuksesan hidup Zuckerberg ternyata sangat vital. Sebagai seorang psikiater, Karen paham bahwa anaknya memiliki bakat besar di bidang ilmu computer. Ini yang akhirnya membuat Karen dan suami rela mengajarkan dasar pengetahuan pemrograman komputer pada Zuckerberg di usianya yang masih 10 tahun. Tak hanya sampai di sana. Kedua orang tuanya juga menyewa seorang programer untuk bisa mengajar Zuckerberg ilmu pemrograman secara privat. Setelah lulus bangku SMA, Karen mengarahkan anaknya untuk mengambil jurusan ilmu komputer dan psikologi di Harvard. Kadang, sosok wanita atau sosok seorang ibu tidak mendapat banyak sorotan kamera. Apa yang dilakukan atau dikerjakan seringkali dipandang sebagai kewajiban belaka. Padahal tidak sedikit kesuksesan yang dialami seorang anak atau pria, merupakan berkat dukungan dari seorang ibu atau berkat dukungan dari seorang isteri.

Alkitab mencatat beberapa tokoh wanita yang dipakai Tuhan secara luar biasa pada zamannya. Salah satunya adalah Debora. Ia adalah satu-satunya hakim perempuan yang dicatat Alkitab. Tidak saja sebagai hakim, Debora juga adalah seorang mediator, penasihat dan seorang perempuan berpengaruh pada zamannya. Sebagai seorang isteri, ia melaksanakan perannya dengan baik, demikian pun dalam melaksanakan perannya sebagai seorang hakim. Debora dipakai Tuhan untuk memimpin dan menolong orang Israel. Atas pimpinan dan karya Allah melalui Debora dan Barak, Israel memperoleh kemenangan atas Yabin dan panglimanya, Sisera.

Saat Debora bersedia dipakai Tuhan, maka Tuhan berkarya dalam kehidupannya. Demikian pun Tuhan ingin menyatakan karya-Nya dalam kehidupan kita sehingga kita tampil menjadi pribadi-pribadi yang menyatakan kemuliaan Tuhan. Maukah kita menyerahkan diri untuk dipimpin dan dipakai Tuhan?


Tuhan rindu memakai setiap orang yang rendah hati
untuk mengikuti pimpinan-Nya dan dipakai sebagai alat kemuliaan Tuhan

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Selasa, 18 Januari 2022 - Dipakai Tuhan"