Renungan Harian: Sabtu, 8 Januari 2022 - Diandalkan untuk Menolong

Renungan Harian: Sabtu, 8 Januari 2022 - Diandalkan untuk Menolong


Sabtu, 8 Januari 2022

Diandalkan untuk Menolong

Bacaan Alkitab: Keluaran 4:1-17

Beckett adalah seorang anak yang mengidap leukemia limfoblastik akut (ALL). ALL adalah salah satu jenis kanker darah yang paling umum ditemukan pada anak-anak. Beckett tidak saja didiagnosis mengidap leukimia, tetapi juga mengalami pneumonia di paru-paru kirinya. Kondisinya sangat menyita perhatian seluruh keluarga, termasuk kakaknya Aubrey. Saat Buckett muntah di toilet, Aubrey menggosok punggungnya dengan lembut. Aubrey selalu menemani adiknya itu untuk bermain dan selalu membantunya untuk melakukan segala yang diinginkan Buckett. Bahkan Aubrey selalu ikut serta dalam pengobatan adiknya itu. Dia menghabiskan cukup banyak waktu bersama. Dia mendukung, mendampingi dan merawat adiknya dengan penuh kasih. Sekalipun usia Aubrey saat itu terbilang masih kecil, namun ia memiliki kesadaran untuk bertindak sebagaimana mestinya seorang kakak terhadap adiknya.

Saat Musa dipanggil Tuhan untuk memimpin Israel keluar dari tanah perbudakan Mesir, ia menolak panggilan tersebut dengan alasan bahwa ia bukan seorang yang fasih lidah. Musa berdalih bahwa ia tidak pandai bicara. Tuhan menanggapi penolakan Musa dengan menjawab bahwa Tuhan telah memilih Harun untuk menjadi pendamping dan juru bicara Musa. Tuhan memanggil Harun menjadi juru bicara sekaligus rekan pendamping Musa.

Di situasi atau kondisi tertentu, mungkin Tuhan juga akan atau bahkan sedang menempatkan kita sebagai “Harun” untuk mendampingi dan menolong saudara atau sesama kita yang membutuhkan pertolongan. Saat kita melihat ada rekan kerja yang sedang kesulitan mengerjakan tugasnya, akan sangat baik bila kita membantunya. Selain membantu, kita juga dapat memberikan semangat agar pekerjaan mereka bisa segera selesai. Atau saat kita mendengar dan mengetahui ada saudara yang membutuhkan perhatian dan dukungan moral, dengan senang hati kita melakukannya bagi mereka. Mari menjadi pribadi yang dapat diandalkan dengan membantu sesama.


Sekecil apa pun pertolongan yang kita berikan dengan tulus,
akan berdampak besar

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Sabtu, 8 Januari 2022 - Diandalkan untuk Menolong"