Renungan Harian: Sabtu, 15 Januari 2022 - Sahabat di Segala Kondisi

Renungan Harian: Sabtu, 15 Januari 2022 - Sahabat di Segala Kondisi


Sabtu, 15 Januari 2022

Sahabat di Segala Kondisi

Bacaan Alkitab: 1 Samuel 23:14-18

Persahabatan adalah jalinan hubungan antara beberapa orang yang sudah berteman dengan sangat akrab. Hal ini didapatkan dari kebersamaan yang sudah terjalin sangat lama sehingga menemukan 'chemistry' yang bisa membuat mereka menjalin persahabatan semakin dekat. Xie Xu, pemuda 18 tahun ini adalah salah satu sosok sahabat yang patut dicontoh. Dia adalah sosok sahabat yang sangat baik untuk sahabatnya Zhang Chi yang usianya satu tahun lebih tua. Persahabatan kedua pemuda ini sangat menginspirasi karena Xie Xu adalah sosok sahabat yang rela menggendong Zhang Chi—yang memang memiliki keterbatasan fisik—untuk berangkat dan pulang sekolah.

Zhang Chi menderita muscular dystrophy, sebuah kondisi yang membuat otot-otot tubuh seseorang perlahan-lahan melemah. Meskipun Xie dan Zhang tidak mempunyai hubungan keluarga dan bukan kerabat, namun, Xie secara sukarela menggendong Zhang selama tiga tahun. Xie adalah pelajar terbaik. Dia memberikan pengaruh positif terhadap para pelajar lainnya, yang juga akhirnya ikut membantu Zhang. Dengan bantuan kawan-kawannya ini, Zhang selalu masuk sekolah. Foto kedua kawan ini berangkat ke sekolah menyebar di media sosial China, Weibo, dan menuai banyak pesan dukungan dari masyarakat.

Persahabatan adalah salah satu karunia hidup yang terbesar. Yonatan, sahabat Daud, menjadi teladan yang luar biasa dari persahabatan sejati. Daud sedang berada di pengasingan, bersembunyi di padang gurun Zif, ketika menyadari bahwa “Saul telah keluar dengan maksud mencabut nyawanya” (1Sam. 23:15). Yonatan pun pergi ke Koresa untuk menemui Daud. Arti penting dari peristiwa ini terletak pada niat Yonatan: Ia menolong Daud untuk mendapatkan kembali kekuatan di dalam Allah, atau seperti disebutkan Alkitab, “Ia menguatkan kepercayaan Daud kepada Allah” (ay.16). Apa yang telah kita lakukan bagi sahabat kita? Hadirkah kita di saat-saat tersulit yang dialami mereka? Yesus adalah sahabat sejati yang akan memampukan kita juga untuk menjadi sahabat sejati bagi orang lain.


Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu,
dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran
Amsal 17:17

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Sabtu, 15 Januari 2022 - Sahabat di Segala Kondisi"