Renungan Harian: Jumat, 14 Januari 2022 - Mulai dan Selesaikan

Renungan Harian: Jumat, 14 Januari 2022 - Mulai dan Selesaikan


Jumat, 14 Januari 2022

Mulai dan Selesaikan

Bacaan Alkitab: 2 Timotius 4:1-8

Derek Redmond adalah pelari tercepat asal Inggris. Namanya cukup populer dan dia sangat berambisi merebut medali pada Olimpiade 1992 setelah gagal melakukannya di Korea, empat tahun sebelumnya. Semua atlet terlihat sempurna untuk melakukan perlombaan. Suara pistol pun terdengar, tanda dimulainya para pelari bergerak dari lokasi start. Redmond dan semua atlet mulai mengadu kecepatan. Ketika sudah 250 meter, Redmond merangsek ke posisi keempat. Sedikit lagi mengamankan perunggu. Namun ketika balap lari itu menyisakan 150 meter, Redmond tampak terpincang-pincang di lintasan lari. Derek tersungkur sambil memegangi pangkal pahanya. Tim medis pun menghampirinya dan menyebut bahwa Redmond mengalami cedera hamstring.

Tim medis memintanya naik ke tandu. Namun instruksi itu ditolak Redmond. Dia tidak lagi memikirkan ambisinya di awal lomba. Keinginan yang jauh lebih besar kini menantangnya untuk kembali berlari, menyelesaikan lomba! "Saya tak akan naik tandu itu. Bagaimanapun juga, saya harus menyelesaikan perlombaan ini”, katanya kepada tim medis. Sambil terpincang-pincang, dia berlari untuk menyelesaikan pertandingan. Ketika Redmond berlari sambil menahan sakit, seorang pria bertopi tiba-tiba menerobos barikade keamanan. Pria bertopi itu ternyata ayah sekaligus pelatihnya, Jim Redmond. "Kau tak harus melakukan ini, nak," kata Jim. Sambil berlari dan menangis, Derek menjawab perkataan ayahnya. "Tidak ayah, saya ingin menyelesaikan perlombaan," ujarnya. Derek telah memulai dan sekaligus menyelesaikan pertandingannya samapai akhir.

Dalam perikop Alkitab hari ini, Paulus berpesan kepada Timotius untuk melayani Tuhan dengan sungguh-sungguh. Dalam hal ini, Paulus memberi kesaksian tentang dirinya sendiri yang telah menunaikan tugas pelayanannya, seperti seorang atlit yang mencapai garis finish dengan baik. Seorang yang dapat diandalkan adalah pribadi yang bukan saja dapat memulai sesuatu, tetapi juga dapat mengakhiri sesuatu/pekerjaannya dengan baik.


Sebagai seorang “Atlet” yang sedang berada di gelanggang
perlombaan (hidup & pelayanan), marilah kita berjuang dan
menyelesaikan pelayanan kita dengan baik.

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Jumat, 14 Januari 2022 - Mulai dan Selesaikan"