Renungan Harian: Sabtu, 13 November 2021 - Selamat Menderita?

Renungan Harian: Sabtu, 13 November 2021 - Selamat Menderita?


Sabtu, 13 November 2021

Selamat Menderita?

Bacaan Alkitab : Yakobus 1:1-8

Di belakang salah satu kartu ucapan ulang tahun [anniversary] pernikahan, ada beberapa garis lekak-lekuk yang digambar cucu kami, Trevor, 3 tahun. Karena kuatir ada kesalahpahaman, maka putri kami menuliskan di sampingnya yang menjelaskan bahwa Trevor sebenarnya ingin menulis: “Congratulation on your love and Happy Adversity (Saya mengucapkan selamat atas cinta kalian dan selamat menderita [seharusnya Happy Anniversary]).” “Kesalahan” Trevor menyadarkan kami yang sudah usia indah ini. “Selamat menderita” mengandung prinsip alkitabiah untuk menghadapi kesulitan dengan sukacita: “Anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan” (Yakobus 1:2,3).

Dari sudut pandang kita, kemalangan bukanlah kebahagiaan. Kita berpikir hidup orang kristiani seharusnya bebas dari masalah, dan kita tak melihat banyak makna dalam penderitaan. Namun, Allah memandangnya dengan berbeda.

J.B. Phillips menerjemahkan Yakobus 1:2,3 demikian: “Ketika segala jenis ujian dan cobaan menyesakkan hidupmu, Saudaraku, jangan membenci mereka sebagai pengacau, tetapi sambutlah mereka sebagai kawan! Sadarilah bahwa cobaan-cobaan itu datang untuk menguji imanmu dan menghasilkan daya tahan bagimu.”

Penderitaan tidak datang sebagai pencuri yang mencuri kebahagiaan, tetapi sebagai kawan yang membawa karunia agar kita tetap kuat. Melalui penderitaan, Allah menjanjikan hikmat dan kekuatan-Nya bagi kita. Jadi, jangan tersinggung jika hari ini saya mengucapkan, “Selamat Menderita” karena penderitaan dapat mendorong kita untuk lebih dekat kepada Tuhan.


Beban Kehidupan Tidak Dirancang Untuk Menghancurkan Kita, Tetapi Untuk Mendekatkan Diri Kita Kepada ALLAH

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Sabtu, 13 November 2021 - Selamat Menderita?"