Renungan Harian: Sabtu, 2 Oktober 2021 - Menjaga Kebersihan Perilaku

Renungan Harian: Sabtu, 2 Oktober 2021 - Menjaga Kebersihan Perilaku


Sabtu, 2 Oktober 2021

Menjaga Kebersihan Perilaku

Bacaan Alkitab: Mazmur 119:9-16

"Kebersihan Pangkal Kesehatan." Begitulah semboyan yang selalu diajarkan kepada kita untuk menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan kita. Kebersihan memang awal dari hidup sehat. Namun bukan hanya kebersihan fisik dan lingkungan saja yang perlu kita jaga. Menurut Mazmur 119:9, kelakuan pun perlu kita jaga agar senantiasa bersih. Pemazmur mengatakan, rahasia mempertahankan kelakuan bersih adalah dengan menjaga kelakuan kita agar sesuai dengan firman Tuhan. Caranya dengan menyimpan janji Tuhan di dalam hati agar firman itu senantiasa mengingatkan kita untuk jangan berdosa (ay. 9, 11).

Dalam Perjanjian Baru, Tuhan Yesus menyatakan, kita memang sudah bersih karena firman yang telah Tuhan katakan kepada kita (Yoh. 15:3). Firman Tuhan adalah kebenaran yang menguduskan (Yoh. 17:17). Rasul Paulus menjelaskan, segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran (2 Tim. 3:16). Betapa bernilainya firman Allah sebagai pembersih di dalam hati dan pikiran kita.

Firman Tuhan yang terus-menerus kita baca dan dengar, ibarat air mengalir yang terus-menerus mengisi hati dan pikiran kita sehingga membersihkan dan mengeluarkan kotoran dosa dari dalam kehidupan kita. Firman Tuhan bukan hanya dapat menjaga kelakuan kita tetap bersih, melainkan juga bekerja mengubah karakter kita menjadi semakin serupa dengan karakter Kristus. Mari mendisiplin diri untuk membaca, mendengar, dan menggumulkan Firman Tuhan setiap hari, agar hati, pikiran dan kelakuan kita senantiasa terjaga bersih.


Firman Tuhan membasuh hati dan membersihkan jiwa

0 Komentar