Renungan Harian: Rabu, 20 Oktober 2021 - Hati Sebagai Pusat Pengendalian Sikap

Renungan Harian: Rabu, 20 Oktober 2021 - Hati Sebagai Pusat Pengendalian Sikap


Rabu, 20 Oktober 2021

Hati Sebagai Pusat Pengendalian Sikap

Bacaan Alkitab: Amsal 4:1-27

Tubuh manusia memuat sekitar 100.000 gen. Uniknya, setiap gen memiliki fungsi sebagai mengendali semua aktivitas yang dilakukan oleh setiap sel di tubuh kita. Gen bekerja tanpa henti setiap detik memberi instruksi kepada sel untuk memproduksi zat-zat yang diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia. Akan tetapi, ada unsur lain dalam diri manusia yang juga bekerja tanpa henti, memberi instruksi kepada kita tentang bagaimana seharusnya kita bersikap.

Unsur itu adalah hati manusia. Hati manusia adalah pusat pengendalian sikap dan darinyalah keluar instruksi yang biasanya kita jalani dengan patuh. Hati adalah saripati manusia, hati mencerminkan siapa kita sesungguhnya. Hati tidak berbohong, namun hati dapat memerintahkan kita untuk berbohong. Hati tidak bisa membunuh, tetapi hati sanggup menyuruh tangan untuk membunuh. Hati adalah perangkat lunak dalam komputer otak manusia yang dapat memrogramkan kita berbuat seturut kehendaknya. Betapa berkuasanya hati! Itu sebabnya firman Tuhan mengingatkan, Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan karena dari situlah terpancar kehidupan (ayat 4:23). Hati adalah sumber mata air, bila sumbernya kotor, maka kotorlah airnya, namun bila sumbernya bersih, maka bersihlah airnya. Rupanya hati tidak dengan sendirinya bersih, kita harus menjaganya dengan seksama. Kita harus selalu melindunginya agar tidak tercemari.

Bill Bright (alm.), pendiri Campus Crusade for Christ, menawarkan resep untuk menjaga kebersihan hati yaitu dengan cara bernapas secara rohani. Jika kita mendukakan Roh Kudus, akuilah dosa; dengan kata lain, hembuskan napas. Setelah itu, dengan iman, tariklah napas, terimalah kuasa Roh Kudus kembali. Hanya Roh Kuduslah yang dapat menolong kita menjaga hati agar tetap bersih.


Hati yang tak terjaga adalah hati yang terbuka
untuk dimasuki siapa pun dan apa pun

0 Komentar