Renungan Harian: Kamis, 7 Oktober 2021 - Dihapus Sampai Bersih

Renungan Harian: Kamis, 7 Oktober 2021 - Dihapus Sampai Bersih


Kamis, 7 Oktober 2021

Dihapus Sampai Bersih

Bacaan Alkitab: Yesaya 43:25; 44:21-23

Saat menciptakan penghapus pensil, insinyur Inggris bernama Edward Nairne awalnya menggunakan sepotong roti. Pada tahun 1770, kulit roti tawar digunakan untuk menghapus tulisan di kertas. Namun, tanpa sengaja, Nairne mengambil lembaran karet lateks dan mendapati bahwa ternyata karet bisa menghapus tulisan, meninggalkan “Remah-remah” karet yang mudah dibersihkan dengan tangan. Kesalahan kita yang terburuk pun dapat dihapus, karena Tuhan Yesus, Sang Roti Hidup yang membersihkan semua itu dengan nyawa-Nya sendiri, berjanji tidak akan pernah mengingat dosa-dosa kita lagi. “Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri,” kata Yesaya 43:25, “dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.”

Mungkin kita menganggap hal itu terlalu ajaib, bahkan tidak layak kita terima. Banyak orang sulit mempercayai bahwa dosa masa lalu dapat begitu saja dihapuskan oleh Allah “Seperti kabut diterbangkan angin.” Benarkah Allah, yang tahu segala sesuatu, dengan mudah melupakan dosa kita? Namun, persis itulah yang Allah lakukan saat kita menerima Yesus sebagai Juru Selamat. Dengan memilih mengampuni dosa-dosa kita dan tidak lagi “Mengingat-ingat dosa [kita]”, Bapa Surgawi membuat kita bebas untuk melangkah maju. Dengan tidak lagi terbebani oleh kesalahan-kesalahan di masa lalu, kita bersih dari segala dosa dan siap untuk melayani Allah kembali, sekarang dan selamanya. Memang tetap ada konsekuensi yang harus kita tanggung. Namun, Allah telah menghapus dosa itu sendiri lalu mengajak kita kembali menjalani hidup yang baru dan bersih. Tidak ada cara lain yang lebih baik untuk memulai kembali.


Tuhan, hapuskan dosa-dosa lamaku, gantikan dengan hidup baru di dalam-Mu Ajar aku menghayati berkat pengampunan-Mu dengan penuh sukacita

0 Komentar