Renungan Harian: Kamis, 14 Oktober 2021 - Anugerah Yang Menghapus Semuanya

Renungan Harian: Kamis, 14 Oktober 2021 - Anugerah Yang Menghapus Semuanya


Kamis, 14 Oktober 2021

Anugerah Yang Menghapus Semuanya

Baca: Yesaya 44:21-23

Alexa, perangkat keluaran Amazon yang dioperasikan dengan perintah suara, memiliki satu fitur menarik: perintah untuk menghapus semua ucapan Anda. Apa pun yang Anda perintahkan kepada Alexa, dan apa pun informasi yang Anda tanyakan, satu kalimat sederhana (“Hapus semua ucapan saya hari ini”) dapat menghapus seluruhnya sampai bersih, seakan-akan semua itu tidak pernah Anda ucapkan. Sayang sekali tidak ada fitur seperti ini dalam kehidupan kita. Andai saja, untuk setiap salah ucap, setiap tindakan tercela, setiap momen yang seandainya saja bisa kita hapus—kita tinggal mengucapkan perintah dan semua kekacauan itu akan lenyap tak berbekas.

Namun, ada kabar baik. Allah memang menawarkan awal baru untuk kita. Hanya saja Dia melakukan jauh lebih banyak daripada menghapus kesalahan atau perbuatan buruk kita. Allah memberikan penebusan, yaitu pemulihan total yang mengubah dan memperbarui kita. “Kembalilah kepada-Ku,” kata-Nya, “sebab Aku telah menebus engkau!” (Yes. 44:22). Walaupun bangsa Israel memberontak dan tidak taat, Allah merangkul mereka kembali dengan belas kasihan yang berlimpah-limpah. Dia “menghapus segala dosa pemberontakan [mereka] seperti kabut diterbangkan angin dan segala dosa [mereka] seperti awan yang tertiup” (ay.22). Allah mengumpulkan semua kesalahan dan kegagalan mereka, lalu menghapuskan semuanya dengan anugerah-Nya yang menyucikan.

Allah akan melakukan yang sama terhadap dosa dan kesalahan kita. Tidak ada kesalahan yang tak dapat diperbaiki-Nya, tidak ada luka yang tak dapat disembuhkan-Nya. Belas kasihan Allah menyembuhkan dan menebus luka-luka paling menyakitkan dalam jiwa kita—bahkan luka yang telah lama kita sembunyikan. Belas kasihan-Nya mengenyahkan semua kesalahan dan penyesalan kita.


Begitu banyak penyesalan atas apa yang seharusnya dapat kulakukan dengan berbeda. Ya Allah, Engkau berkata Kau dapat mengampuni dan memulihkanku. Terima kasih untuk belas kasihan dan anugerah-Mu.

0 Komentar