Renungan Harian: Jumat, 15 Oktober 2021 - Ulat Telinga

Renungan Harian: Jumat, 15 Oktober 2021 - Ulat Telinga


Jumat, 15 Oktober 2021

Ulat Telinga

Bacaan Alkitab: Filipi 4:4-9

Mereka menggali. Mereka menggali semakin dalam. Mereka melekatkan dirinya di dalam kepala Anda. Earworms (ulat telinga) adalah sebuah istilah yang awalnya digunakan untuk serangga saja, tetapi yang sekarang menjadi sebutan bagi nada-nada lagu tertentu yang tidak bisa Anda lupakan. Lagu-lagu seperti The Lion Sleeps Tonight, lagu Barney, atau lagu yang menjadi mimpi buruk bagi saya: It’s a Small World After All. Ada yang mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk menghilangkan pengaruh yang merasuki pikiran ini adalah menggantikannya dengan nada lagu lainnya—suatu lagu yang “lebih bersih.” Lirik dan nada lagu yang baru itu dapat mengenyahkan lirik dan nada lagu yang lama.

Mungkin kita perlu memakai lagu yang lebih bersih untuk pikiran kita juga. Ketika pikiran-pikiran yang penuh hawa nafsu dan niat balas dendam mulai merasuki benak kita, kita dapat membersihkan pikiran kita dengan jalan membaca dan merenungkan firman Allah. Alkitab mengajar kita untuk mengasihi Tuhan “dengan segenap hati [kita] dan dengan segenap jiwa [kita] dan dengan segenap akal budi [kita]” (Mat. 22:37) serta tidak “Menjadi serupa dengan dunia ini” tetapi “Berubahlah oleh pembaharuan budi [kita]” (Rm. 12:2). Alkitab menasihati kita untuk memikirkan hal-hal yang mulia, adil, suci, manis, sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji (Flp. 4:8).

Ketika pikiran kita mulai mengembara dan dikotori dosa, “Alat pembersih” yang paling mujarab adalah dengan membiarkan hikmat Alkitab meresap ke dalam pikiran dan hati kita (2Tim. 3:16).


Karakter diri dibentuk oleh perpaduan seluruh pikiran, perkataan, dan perbuatan kita

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Jumat, 15 Oktober 2021 - Ulat Telinga"