Pembelajaran Variatif Kelas 1 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta - Teknik Cetak dengan Bahan Alam

Pembelajaran Variatif Kelas 1 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta - Teknik Cetak dengan Bahan Alam

SD Kristen Kalam Kudus Surakarta mengajak siswa-siswinya untuk belajar sesuatu yang berbeda agar tidak jenuh selama pembelajaran daring dengan cara membuat karya seni 2 dimensi, yaitu mewarnai kaos dengan teknik mencetak menggunakan bahan alam. Kegiatan ini disebut dengan pembelajaran variatif.

Siswa-siswi SD Kristen Kalam Kudus Surakarta mengadakan kegiatan pembelajaran variatif. Pembelajaran variatif yang diikuti siswa kelas 1 ini diadakan pada hari Senin, 11 Oktober 2021. Pembelajaran variatif kali ini diselenggarakan secara daring karena masih dalam masa pandemi. Pandemi ini tidak menghalangi keinginan siswa-siswi kelas 1 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta untuk menuntut ilmu dan belajar hal-hal yang baru. Meskipun diadakan secara daring, siswa tetap antusias dan senang mengikuti pembelajaran variatif ini.

Kegiatan pembelajaran variatif kelas 1 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta ini diberi tajuk "Teknik Cetak dengan Bahan Alam". Pembelajaran variatif ini mengajak siswa-siswi untuk membuat karya 2 dimensi yang menarik, yaitu mewarnai kaos dengan motif daun menggunakan bahan alam.

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Google Meet ini diawali dengan penjelasan dari guru tentang garis besar pembelajaran variatif dan dibuka dengan doa.

Kegiatan pembelajaran variatif dilanjutkan dengan penjelasan tentang alat dan bahan apa saja yang digunakan beserta langkah-langkah pembuatannya. Alat dan bahan veserta langkah-langkah pembuatan kaos dengan motif daun menggunakan bahan alam dapat dilihat di bawah ini:

Alat dan Bahan:
  1. kaos hitam
  2. sarung tangan
  3. masker
  4. daun
  5. pemutih pakaian

Langkah-langkah Pembuatan:
  1. Letakkan kaos di meja / permukaan yang rata
  2. Tutupi bagian kerahnya
  3. Letakkan daun sesuai dengan keinginan kita
  4. Pastikan menempel daun di kaos dengan benar
  5. Pakailah masker dan sarung tangan
  6. Semprotkan pemutih di atas daun dan sekitarnya
  7. Diamkan 2 menit agar pemutih mereasp dan mengubah warna kaos
  8. Ambil daun dan gantungkan baju (diangin-anginkan saja)
  9. Bila sudah kering, suculah kaos seperti biasa (jangan dicampur dengan baju lain)

Guru-guru kelas 1 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta sudah menyiapkan video singkat tentang cara dan langkah dalam pembuatan kaos dengan motif daun menggunakan bahan alam. Di dalam video, guru-guru dan Bapak Kismanto Utomo, S.PK., M.Pd. juga mempraktikkan membuat kaos. Kegiatan pembelajaran variatif kelas 1 ditutup dengan doa. Siswa-siswi kelas 1 merasa antusias dan menikmati pembelajaran variatif ini.

Sejak dini, siswa-siswi SD Kristen Kalam Kudus Surakarta sudah dikenalkan cara membuat karya seni dua dimensi. Dengan panduan oleh guru yang membimbing dengan sepenuh hati, siswa-siswi diajak untuk membuat kaos bermotifkan daun dengan langkah-langkah sederhana yang dapat merangsang kreativitas siswa serta mengasah imajinasi yang dapat dituangkan dalam sebuah karya 2 dimensi. Kiranya apa yang sudah dipelajari dapat memperluas pengalaman dan memperdalam pengetahuan siswa-siswi SD Kristen Kalam Kudus Surakarta.




Posting Komentar untuk "Pembelajaran Variatif Kelas 1 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta - Teknik Cetak dengan Bahan Alam"