Renungan Harian: Rabu, 8 September 2021 - Tetap Miliki Integritas

Renungan Harian: Rabu, 8 September 2021 - Tetap Miliki Integritas
Rabu, 8 September 2021

Tetap Miliki Integritas

Bacaan Alkitab: Daniel 3:1-30

Setiap hari kita bergulat untuk mempertahankan nilai-nilai kebenaran dalam setiap perkataan, perilaku dan tindakan kita. Sungguh sulit, ketika kita melihat orang-orang di sekitar kita melakukan berbagai hal yang memuaskan kedagingan mereka, seakan itu adalah hal yang wajar. Sementara kita mengetahui bahwa semua itu tidak berkenan di hati Tuhan. Pertentangan pun kerap terjadi di dalam diri kita, apakah seharusnya kita turut melakukan hal yang sudah dianggap “wajar” tersebut atau tetap bertahan.

Saat Daniel dan kawan-kawan berada di Babel, mereka dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan gaya hidup di tempat baru mereka. Namun Daniel dan kawan-kawan tetap teguh mempertahankan kepercayaan mereka. Dalam tekanan demi tekanan, fokus mereka kepada Tuhan tidak pernah goyah. Meski dengan melakukannya berarti mereka menentang perintah raja, namun integritas yang mereka jaga menggerakkan hati Tuhan untuk selalu memberikan pembelaan-Nya. Hati raja pun Tuhan menangkan bagi mereka. Dari waktu ke waktu, Tuhan membawa mereka semakin tinggi dan nama-Nya pun semakin dipermuliakan.

Terkadang, kita merasa lebih mudah untuk mengikuti arus dunia ini. Bahkan kita berharap bahwa Tuhan mengerti alasan kita berkompromi. Ingat, Tuhan memang tahu kondisi yang Anda hadapi, karena Dia sendiri yang mengatakan bahwa Dia mengutus kita seperti domba ke tengah-tengah serigala. Tetapi itu bukan berarti Dia bisa memaklumi ketika kita berkompromi dengan dosa. Yesus mau agar kita menyikapinya dengan hikmat sambil terus menjaga kemurnian hati kita di hadapan-Nya. Belajarlah dari Daniel, yang di mana pun ia berada, apa pun yang terjadi, ia tidak pernah lupa pada identitasnya sebagai umat Allah. Dibandingkan dengan kenyamanan hidup, penerimaan orang lain dan bahkan nyawanya sendiri, ia lebih takut kehilangan perkenanan Tuhan. Mari kita minta pertolongan dan kekuatan Roh Kudus agar kita mampu menjaga integritas hidup kita di hadapan Tuhan dan manusia.


Hidupilah kebenaran Firman Tuhan dalam hidup Anda,
Sekalipun tidak ada yang melihat Anda

0 Komentar