Renungan Harian: Senin, 30 Agustus 2021 - Yang Membuat Kita Menjadi Indonesia

Renungan Harian: Senin, 30 Agustus 2021 - Yang Membuat Kita Menjadi Indonesia

Senin, 30 Agustus 2021

Yang Membuat Kita Menjadi Indonesia

Bacaan Alkitab: Kolose 3:1-11

Apa sesungguhnya yang membuat kita menjadi Indonesia? Jawabannya ialah: Keberagaman. Ada hal yang unik di desa Banuroja, provinsi Gorontalo. Penduduk desa ini terdiri dari berbagai agama dan beragam etnik. Nuansa kampung Hindu begitu terasa ketika masuk di desa ini. Rumah-rumah di sepanjang jalan dari gerbang masuk desa dilengkapi dengan pura kecil keluarga. Sebuah pura besar berdiri tegak di antara rumah-rumah itu. Nuansa Hindu berakhir di depan bangunan sekolah atau persis di seberang kantor Balai Desa Banuroja. Di salah satu tembok bangunan itu tertulis, Pondok Pesantren Salafiyah Safi'iyah. Di salah satu sudut pondok terlihat bangunan masjid berdiri kokoh. Sekitar 100 meter dari pondok pesantren, berdiri Gereja Protestan Indonesia Gorontalo dan Gereja Pantekosta.

Bangunan tempat ibadah itu merupakan cerminan bahwa di desa itu hidup beragam pemeluk agama. Baik itu Hindu, Islam, dan Nasrani. Mereka sama-sama mengadu nasib sebagai transmigran dan hidup rukun di wilayah itu selama bertahun-tahun. Tak hanya berbeda agama, penduduk desa ini juga beragam etnik. Ada yang berasal dari Gorontalo, Jawa, Nusa Tenggara Barat, dan Bali. Meski multietnis dan agama, warga Desa Banuroja itu tak pernah dilanda konflik. Warganya hidup rukun dan damai. Segala persoalan yang muncul bisa diselesaikan dengan pendekatan kekeluargaan. Toleransi dan mengelola keberagaman adalah kunci yang mempersatukan berbagai perbedaan yang ada.

Dari ayat 11 firman Tuhan hari ini kita belajar bahwa di dalam Kristus tidak ada kesenjangan dan perbedaan, apakah itu berbeda bangsa, budaya dan status sosial. Mari kita menyingkirkan segala keangkuhan kita dan sebaliknya dengan rendah hati menerima dan menghargai perbedaan. Di hadapan Tuhan kita memiliki ketidaklayakan yang sama karena dosa-dosa kita tetapi juga sekaligus memiliki keistimewaan sebagai ciptaan Allah yang mulia dan yang Ia kasihi.

Mari kita mengintrospeksi diri sendiri, apakah kita sudah memiliki sikap toleransi terhadap perbedaan?


Perbedaan adalah karunia Allah yang memberikan
warna indah dalam kehidupan

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Senin, 30 Agustus 2021 - Yang Membuat Kita Menjadi Indonesia"