Renungan Harian: Senin, 23 Agustus 2021 - Demi Tanah Air Tercinta

Renungan Harian: Senin, 23 Agustus 2021 - Demi Tanah Air Tercinta

Senin, 23 Agustus 2021

Demi Tanah Air Tercinta

Bacaan Alkitab: Nehemia 2:1-10

Presiden ketiga Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie atau B.J. Habibie adalah sosok yang layak dijadikan contoh bagi seluruh rakyat Indonesia. BJ Habibie meninggalkan pelajaran penting bagi seluruh rakyat Indonesia, yaitu soal nasionalisme dan kecintaannya yang tinggi terhadap negara. Kecerdasan, totalitas, dan tanggung jawab terhadap negara rupanya tidak hanya terlihat saat dia di Indonesia. Sebelum Indonesia sadar akan potensinya, B.J. Habibie sudah beberapa kali ditawari oleh beberapa negara lain untuk menggalakkan teknologi pesawat terbang. Tawaran pertama datang dari Jerman, yang saat itu tahu B.J. Habibie bukan orang biasa, langsung menawarinya dengan status warga negara kehormatan. Bukannya senang dengan status yang jarang diberikan Jerman itu, B.J. Habibie justru menolak. "Sekali pun menjadi warga negara Jerman, kalau suatu saat Tanah Air ku memanggil, maka paspor (Jerman) akan saya robek dan akan pulang ke Indonesia," kata BJ Habibie. Sampai akhir hidupnya, kecintaannya pada tanah air Indonesia tidak pudar.

Tokoh Alkitab yang bernama Nehemia pun mencontohkan kepada kita tentang semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Nehemia adalah pemuda Ibrani yang ikut dibuang ke Babel, tetapi pada masanya Babel harus takluk kepada kekuatan besar yang baru yaitu Persia sehingga Nehemia dan rakyat Yehuda menjadi milik bangsa Persia. Sebagai pemuda yang berkebangsaan Yudea dan tinggal di negara asing, Nehemia tidak melupakan bangsanya begitu saja. Nehemia mengumpulkan catatan-catatan mengenai ibukota kerajaan Yudea dan meminta izin kepada raja untuk bisa pulang ke Yerusalem dan membangun kembali tembok Yerusalem yang sudah retak. Hal-hal yang dilakukan Nehemia sebagai wujud kecintaan kepada bangsanya, diantaranya ialah berdoa dan berpuasa bagi bangsa dan negaranya dan memiliki keberanian berbicara kepada raja tentang apa yang ingin ia lakukan untuk bangsanya tanpa memikirkan resiko yang bisa saja ia terima.

Sikap dan sumbangsih apa yang telah dan akan perjuangkan sebagai wujud dari kecintaan terhadap bangsa dan negara kita Indonesia?


Tuhan, jadikan kami duta-duta yang membawa dampak
dan keharuman bagi tanah air Indonesia tercinta

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Senin, 23 Agustus 2021 - Demi Tanah Air Tercinta"