Renungan Harian: Selasa, 31 Agustus 2021 - Menjadi Segala-Galanya

Renungan Harian: Selasa, 31 Agustus 2021 - Menjadi Segala-Galanya

Selasa, 31 Agustus 2021

Menjadi Segala-Galanya

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 9:16-23

Sewaktu kecil, saya memiliki tetangga seorang misionaris asal Amerika. Saya ingat bagaimana anak-anak misionaris mencoba menyesuaikan diri dengan penduduk setempat, mulai dari bahasa, logat bicara, sikap dan bahkan makanan. Mereka berusaha menyesuaikan diri dengan kebiasaan dan adat istiadat setempat.

Gereja Tuhan atau orang percaya di Indonesia tinggal bersama, berada, bergaul dan berbaur dalam tatanan masyarakat yang majemuk. Sebagai duta-duta Kristus, keberagaman yang ada hendaknya menjadi tantangan sekaligus peluang bagi kita untuk mengabarkan Injil kasih Tuhan. Menarik diri dari lingkungan dan pergaulan jelas bukan solusi menghadapi keberagaman, sebaliknya panggilan Tuhan untuk menjadi garam dan terang harus kita penuhi sambil memohon hikmat Tuhan. Dengan kata lain, bagaimana Injil dapat diterima di tengah perbedaan dan keberagaman? Tantangan inilah yang harus dijawab anak-anak Tuhan.

Demi memenangkan jiwa bagi Kristus, Paulus berusaha mungkin beradaptasi dengan lingkungan dimana ia tinggal tanpa kehilangan identitasnya sebagai pengikut Kristus. Paulus berusaha menjadi seperti orang Yahudi, non Yahudi, orang lemah, orang kuat, dan sebagainya. Kepada orang Yunani, Paulus menjadi seperti orang Yunani, demikianpun kepada orang Yahudi. Semua yang dilakukan Paulus adalah demi pemberitaan Injil Kristus. Tuhan Yesus telah terlebih dahulu mencontohkan hal ini saat inkarnasi-Nya. Ia berkawan dengan pemungut cukai, pelacur dan orang-orang yang tidak dianggap dalam masyarakat tanpa ikut terseret dosa mereka. Yesus menyentuh orang kusta dan orang dengan sakit pendarahan. Ia merangkul, memulihkan dan membawa mereka sesuai dengan rencana Allah.


Banyak orang terhilang yang perlu mendengar Injil kasih Tuhan.
Kiranya kita menjadi “segala sesuatu” bagi semua orang
sehingga dengan kata-kata dan tindakan kita, semakin banyak orang mengenal Tuhan.

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Selasa, 31 Agustus 2021 - Menjadi Segala-Galanya"