Renungan Harian: Selasa, 3 Agustus 2021 - Sesuai Hikmat Allah

Renungan Harian: Selasa, 3 Agustus 2021 - Sesuai Hikmat Allah

Selasa, 3 Agustus 2021

Sesuai Hikmat Allah

Bacaan Alkitab: Daniel 1: 8-16

Sebuah kisah mencatat mengenai seorang pria tua yang hidup dengan kedua anaknya. Sebelum meninggal, ia membagikan sejumlah uang kepada kedua anaknya dan berpesan: “Gunakan uang ini baik-baik! Jadikan uang ini sebagai modal usaha, supaya engkau menjadi orang berhasil. Tetapi ingat pesanku ini: Jangan sampai kepalamu terkena sinar matahari” Setelah ia meninggal, kedua anaknya menggunakan uang tersebut, untuk mendirikan usaha. Mengingat pesan Ayahnya, setiap hari anak yang pertama datang dan pulang dari tempat usahanya, dengan membawa payung. Ia berusaha melindungi kepalanya supaya jangan terkena sinar matahari, dengan demikian maka ia akan berhasil. Tetapi kenyataannya, ia bukan berhasil, melainkan usahanya menjadi bangkrut. Sedangkan adiknya berbeda, dalam memaknai pesan Ayahnya. Ia tidak mau membeli payung, atau pelindung apapun untuk melindungi kepalanya dari sinar matahari. Setiap hari ia datang pagi-pagi buta ke tempat usahanya, ia mengerjakan segala sesuatu hingga malam hari, barulah ia kembali ke rumah. Dengan cara ini, ia telah melindungi kepalanya sehingga sama sekali tidak terkena sinar matahari. Untuk mencapai sebuah keberhasilan, tidak cukup hanya dengan ilmu pengetahuan, tetapi juga dengan hikmat dan kebijaksanaan.

Ketika orang Babel ingin mengubah nama Daniel, Hananya, Misael dan Azarya dengan nama-nama Kasdim, hal yang menarik adalah mereka menyetujui nama baru mereka. Mereka juga tidak menolak pendidikan yang diberikan. Namun, ketika harus mengubah gaya hidup mereka, mereka menolak. Mereka tahu bahwa santapan itu telah dipersembahkan terlebih dahulu kepada dewa. Haitu bertentangan dengan iman mereka. Dengan hikmat yang mereka peroleh dari Allah, Daniel dan kawan-kawan dapat mempraktikkan sikap toleransi yang tidak bertentangan dengan kehendak Allah.

Kita hidup di tengah berbagai macam godaan yang dapat menggoncang iman kita. Oleh karena itu, penting bagi kita memiliki prinsip dan mampu membedakan manakah pilihan yang sesuai dengan kehendak Allah dan mana yang tidak.


Orang yang menunjukkan toleransi sejati,
mencari hikmat Allah sebelum berbicara/ bertindak
dengan orang-orang yang tidak sepaham dengan mereka

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Selasa, 3 Agustus 2021 - Sesuai Hikmat Allah"