Renungan Harian: Sabtu, 7 Agustus 2021 - Teladan Penerimaan Yesus

Renungan Harian: Sabtu, 7 Agustus 2021 - Teladan Penerimaan Yesus


Sabtu, 7 Agustus 2021

Teladan Penerimaan Yesus

Bacaan Alkitab: Yohanes 4:1-14

Seorang bernama Mardiana Maya Satrini dari Singkawang, Kalimantan Barat adalah sosok yang inspiratif. Hatinya terketuk untuk membantu orang-orang, mulai dari kaum miskin, waria, orang dengan HIV AIDS (ODHA), PSK, hingga korban perdagangan manusia. Tanpa ragu, sosok yang akrab disapa Bunda Maya ini menghampiri lorong-lorong diskotik, warung remang-remang, hingga pelosok desa. Banyak orang menyebutnya sebagai Bunda Kaum Marginal. Ia membagi pengetahuan pada kaum terpinggirkan dan mengajarkan keterampilan. Bunda Maya pernah berkata, "Saya berpikir semua orang punya hak atas hidupnya. Jadi tak pantas rasanya kalau mereka dibeda-bedakan.”

Melihat apa yang dilakukan bunda Maya, tentu kita mengingat pribadi Yesus yang adalah teladan agung kita dalam kasih dan penerimaan-Nya terhadap orang-orang yang tidak dianggap dalam masyarakat. Hidup ditengah masyarakat intoleran yang menolak atau tidak bergaul dengan orang lain karena perbedaan adat istiadat dan keyakinan diruntuhkan Tuhan Yesus melalui teladan dalam pengajaran yang sangat efektif. Penerimaan Yesus terhadap perempuan Samaria adalah bentuk pengajaran yang disampaikan melalui metode praktik langsung dari Tuhan Yesus yang adalah orang Yahudi untuk meruntuhkan tembok tebal aksi intoleransi orang Yahudi terhadap orang Samaria, dimana orang Yahudi tidak mau bergaul dengan orang Samaria. Bagi Tuhan Yesus semua orang memiliki kedudukan dan derajat yang sama.

Sebagai anak-anak Tuhan yang telah menerima dan mengalami limpahan kasih Allah, marilah kita meneladani praktik kasih seperti yang diajarkan Yesus melalui penerimaan kita terhadap orang-orang yang mungkin selama ini “dipinggirkan” dan “disingkirkan” dalam masyarakat.


Penerimaan, maaf, pengampunan, dan kasih
adalah nyawa dari toleransi

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Sabtu, 7 Agustus 2021 - Teladan Penerimaan Yesus"