Renungan Harian: Sabtu, 21 Agustus 2021 - Beragam Adalah Kekuatan

Renungan Harian: Sabtu, 21 Agustus 2021 - Beragam Adalah Kekuatan

Sabtu, 21 Agustus 2021

Beragam Adalah Kekuatan

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 1:10-17

Ada dua buah benda yang bersahabat karib yaitu besi dan air. Besi seringkali berbangga akan dirinya sendiri. Ia sering menyombong kepada sahabatnya: “Lihat ini aku, aku kuat dan keras. aku tidak seperti kamu yang lemah dan lunak.” Air hanya diam saja mendengar tingkah sahabatnya. Suatu hari besi menantang air berlomba untuk menenembus suatu gua dan mengatasi segala rintangan yang ada di sana. Aturannya: “Barang siapa dapat melewati gua itu dengan selamat tanpa terluka maka ia dinyatakan menang.”

Besi mulai menunjukkan kekuatannya, ia menabrakkan dirinya ke batu-batu itu. Tetapi karena kekerasannya, batu-batuan itu mulai runtuh menyerangnya dan besi pun banyak terluka disana sini karena melawan batu-batuan itu. Air melakukan tugasnya, ia menetes sedikit demi sedikit untuk melawan bebatuan itu, ia dengan lembut mengikis bebatuan itu sehingga bebatuan lainnya tidak terganggu. Perbedaan tidak seharusnya menjadi penghalang untuk menikmati keindahan dalam kebersamaan.

Salah satu penyebab perpecahan adalah kesombongan karena merasa lebih unggul dari yang lainnya. Sumber perpecahan dalam jemaat Korintus disebabkan karena adanya klaim-klaim golongan, merasa lebih baik daripada golongan yang lain. Rasul Paulus mengingatkan jemaat Korintus untuk sehati sepikir dalam Kristus, karena dengan cara inilah, sekalipun ada perbedaan, namun persatuan dapat tercapai. Perbedaan bukan untuk dipertentangkan tetapi dapat dipakai sebagai kekuatan untuk tercapainya suatu tujuan. Kesadaran untuk saling menerima satu dengan yang lain dan saling melengkapi di dalam kelemahan dan kelebihan, inilah keindahan dari perbedaan. Sebagai pengikut Kristus, kiranya setiap kita dapat menoleransi setiap perbedaan yang ada dengan dasar kasih Kristus yang mempersatukan.


Hidup dalam komunitas adalah hidup dalam perbedaan
seraya tetap menjaga kesatuan

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Sabtu, 21 Agustus 2021 - Beragam Adalah Kekuatan"