Renungan Harian: Rabu, 18 Agustus 2021 - Saya Indonesia

Renungan Harian: Rabu, 18 Agustus - 2021 Saya Indonesia

Rabu, 18 Agustus 2021

Saya Indonesia

Bacaan Alkitab: Yeremia 29:1-7

Ebbie mengorbankan semua yang dia punya demi bisa menyusuri indahnya Indonesia hingga pelosok negeri. Langkanya buku perjalanan keliling Indonesia yang dibuat sendiri oleh orang Indonesia, mendorong petualang dan pehobi fotografi ini untuk menjelajah Nusantara. Sembilan tahun ia berkelana dan mengabadikan tempat-tempat indah di Indonesia. Usahanya tak sia-sia. Keindahan Indonesia yang ia jelajahi hampir 9 tahun tercetak indah dalam sebuah buku bertajuk “Indonesia a World of Treasures.” Suatu Ketika ia mendapat kesempatan untuk melakukan pameran foto tunggal di Eropa. Karena rasa bangga dan kecintaannya pada Indonesia, maka lewat petualangannya ini, ia sukses membawa Indonesia ke tataran yang lebih tinggi.

Alkitab juga mencatat seorang tokoh yang memiliki kebanggaan dan kecintaan terhadap wilayah dimana ia tinggal, yaitu Yeremia. Ia adalah nabi untuk bangsa Israel. Ia dipanggil sebagai nabi oleh Allah Ketika dirinya masih sangat muda. Ia memiliki tugas khusus untuk mengingatkan bangsa Israel agar menjauhi segala yang jahat dan kembali kepada Allah. Rasa bangga dan kecintaan Yeremia terhadap wilayah dimana ia tinggal dibuktikan dengan doa bagi kota dimana ia tinggal, “Usahakanlah kesejahteraan kota kemana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.”

Rasa bangga dan cinta tanah air adalah bentuk tanggung jawab dan rasa syukur kita atas karunia Tuhan. Kesejahteraan bersama tidak akan terwujud tanpa adanya kecintaan dan rasa bangga terhadap tanah air.


“Jikalau aku diberikan dua hidup oleh Tuhan, dua hidup ini pun akan
aku persembahkan kepada tanah air dan bangsa”
(Ir. Soekarno)

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Rabu, 18 Agustus 2021 - Saya Indonesia"