Renungan Harian: Kamis, 5 Agustus 2021 - Kita Memang Berbeda

Renungan Harian: Kamis, 5 Agustus 2021 - Kita Memang Berbeda

Kamis, 5 Agustus 2021

Kita Memang Berbeda

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 12:14-25

Andai lukisan berwarna biru semua, apakah akan terlihat keindahannya? Tentu semua akan membosankan dan tidak terlihat keindahannya. Sebaliknya, apabila kita menyaksikan hamparan gunung yang berwarna hijau, langit yang berwarna biru, pelangi yang berwarna-warni, dan bunga-bunga beraneka warna, tentu kita akan menemukan keindahan.

Begitu juga hidup ini, banyak perbedaan yang kita jumpai di sekeliling kita. Perbedaan latar belakang, watak, kepribadian, status sosial, dan sebagainya. Sehari-hari kita berjumpa dan berinteraksi dengan orang yang berbeda. Dalam menjalani hidup, kita tidak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan. Kenyataan hidup tidak selalu sama dengan apa yang kita harapkan. Berbagai konflik dalam kehidupan akan terjadi ketika kita tidak bisa melihat perbedaan yang ada. Tuhan menciptakan begitu banyak perbedaan dalam kehidupan kita, yang tidak perlu kita perdebatkan dan mencari siapa yang lebih baik, karena semua diciptakan secara unik.

Perbedaan selera, pendapat, dan pilihan itu wajar, dan memang akan selalu ada bila manusia hidup bersama dalam sebuah komunitas. Oleh sebab itu, kita perlu menjadi orang-orang yang mampu dan mau bekerja sama dengan keberagaman tersebut, bukan menolaknya. Saat ada orang yang berbeda pendapat dengan kita, jangan terburu-buru menolak atau menjauhinya. Saat ada orang lain yang berbeda cara berpikir dan bertingkah laku, jangan terburu-buru menghakiminya. Saat ada orang-orang yang membuat keputusan berbeda dengan kita, jangan terburu-buru mempermasalahkannya.


Langkah awal sikap toleransi adalah menerima dan menghargai perbedaan
yang kemudian menuntun kita kepada kesatuan

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Kamis, 5 Agustus 2021 - Kita Memang Berbeda"