Renungan Harian: Kamis, 22 Juli 2021 - Memilih Untuk Berubah

Renungan Harian: Kamis, 22 Juli 2021 - Memilih Untuk Berubah

Kamis, 22 Juli 2021

MEMILIH UNTUK BERUBAH

Bacaan Alkitab: Yehezkiel 18:25-32

Ketika putra saya mendapat sebuah robot mainan kecil, ia gemar memprogramnya untuk melakukan tugas-tugas sederhana. Robot itu dapat bergerak maju, berhenti, dan kemudian melangkah mundur. Ia bahkan membuat robot itu dapat mengeluarkan bunyi “bip” dan memutar ulang bunyi-bunyian yang direkamnya. Robot itu melakukan tepat seperti yang diperintahkan putra saya. Robot itu tidak pernah tertawa secara spontan atau bergerak ke arah yang tidak direncanakan. Robot itu tidak mempunyai pilihan.

Ketika Allah menciptakan manusia, Dia bukan menciptakan robot. Allah menjadikan kita menurut gambar-Nya, dan itu berarti kita dapat berpikir, mempunyai akal, dan membuat keputusan. Kita dapat memilih antara yang baik dan yang salah. Bahkan apabila kita sering gagal menaati Allah, kita dapat memutuskan untuk mengarahkan kembali hidup kita ke jalan yang benar.

Ketika Allah mendapati bangsa Israel kuno terus-terusan menentang-Nya, Dia berbicara kepada mereka melalui Nabi Yehezkiel. Yehezkiel berkata, “Bertobatlah dari dosa-dosamu. Jangan biarkan dosamu menghancurkan dirimu. . . . Biarlah hati dan pikiranmu menjadi baru” (Yeh. 18:30-31 BIS).

Perubahan itu dapat dimulai cukup dengan satu keputusan, yakni dengan memilih untuk dikuasai Roh Kudus (Rm. 8:13). Mungkin itu berarti Anda harus berani berkata tidak pada hal-hal tertentu dalam hidup Anda. Tidak lagi bergosip, tidak lagi serakah, atau tidak lagi iri hati. Jika Anda mengenal Yesus, Anda tidak lagi menjadi hamba dosa. Anda bisa memilih untuk taat pada perintah Allah dan berubah, dan dengan pertolongan Allah, revolusi diri Anda dapat dimulai hari ini.


Untuk Suatu Awal Yang Baru, Mintalah Hati Yang Baru Kepada Allah.

0 Komentar